• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Ayo Bertamasya Ke Objek Wisata Batu Katak

Ayo bertamasya ke Objek Wisata Batu Katak

Anda tahu Objek Wisata Batu Katak ?

Lokasi wisata ini tidak jauh dari Objek Wisata Bukit Lawang yang sudah terkenal sampai ke manca negara. Objek Wisata Batu Katak ini jaraknya hanya ± 8 km dari Pekan Bohorok atau ± 80 km dari kota Medan. Perjalanan ditempuh dari Medan – Binjai – Pekan Bohorok – Batu Katak. Objek Wisata Batu Katak ini dibentuk atas prakarsa masyarakat sekitar dan dukungan penuh pemerintah desa dan kecamatan setempat disamping adanya pendampingan dari instansi Balai Besar TNGL khususnya petugas Resort Bohorok. Maka pada tanggal 05 Mei 2013 dengan akta notaris Ega Kumala, SH, MKr nomor 2 (dua) lahirlah lembaga untuk mengelola Objek Wisata Batu Katak ini dengan nama resmi Lembaga Pariwisata Batu Katak Forest Resort.

peresmian Lembaga Pariwisata

Acara pengguntingan pita peresmian Lembaga Pariwisata
Batu Katak Forest Resort oleh MUSPIKA Kecamatan Bohorok.

Apa yang dapat anda nikmati dan lihat di Batu Katak ?

  1. Wisata sungai Berkail berupa rafting, tubing, memancing, berenang, dll.
  2. Wisata penelusuran gua. Terdapat banyak gua yang indah di lokasi ini dengan stalagtit dan stalagmite yang mengagumkan, dan salah satu gua yang ada di lokasi ini cukup unik dimana adanya sungai yang mengalir di dalamnya.
  3. Wisata pengamatan flora fauna. Terdapat berbagai flora langka dan unik yang hidup di lokasi ini dan berada di luar kawasan TNGL antara lain Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium), berbagai jenis anggrek, tanaman berkhasiat obat, dll. Fauna yang ada antara lain Owa (Hylobates lar) , Siamang (Hylobates syndactylus) , Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Kambing Hutan Sumatera (Capricornis sumatraensis), Rusa (Cervus unicolor), Kancil (Tragulus javanicus), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Beruk (Macaca nemestrina), Kedih (Presbytis thomasii), berbagai jenis burung,dan lain-lain.
  4. Wisata budaya

Perkampungan di lokasi objek wisata Batu Katak mayoritas suku Karo yang mempunyai mata pencaharian tani dan berkebun. Wisatawan umumnya tertarik menyaksikan pesta perkawinan dengan pakaian adat maupun berbagai tarian dengan alat musik tradisional. Perayaan atau pesta biasanya diselenggarakan bukan hanya saat pernikahan tetapi juga saat pengukuhan marga dan penabalan nama anak yang baru lahir.

sungai yang jernih

Tampak air sungai yang jernih digemari pengunjung untuk
wisata pemandian.

Masyarakat yang bermukim di lokasi objek wisata ini dengan kondisi perumahan masih sederhana dimana sungai menjadi tumpuan utama kehidupan sehari-hari baik untuk MCK (mandi, cuci, kakus) maupun mencari kayu bakar serta memancing ikan.

Jarak antara kawasan TNGL dengan pemukiman warga dibatasi oleh hutan dan kebun masyarakat yang masih luas. Hutan masyarakat ini adalah kawasan penyangga TNGL sehingga hutan TNGL sendiri cukup aman dari aktifitas illegal baik perambahan maupun penebangan pohon mengingat di hutan masyarakat masih mencukupi akan kebutuhan kayu bagi masyarakat sekitar.

menanam di batu katak

Kegiatan penanaman pohon di objek wisata Batu Katak dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2013 oleh kepala SPTN Wilayah V Bohorok (Bapak Palber Turnip, SP).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beberapa fauna yang dapat anda temukan di lokasi Objek Wisata Batu Katak yang berada di luar kawasan TNGL :

kambing hutan

Kambing Hutan Sumatera (Capricornis sumatraensis) hasil jepretan kamera trap RAW bulan desember 2013.

beruk

Beruk (Macaca nemestrina)hasil jepretan kamera trap RAW bulan desember 2013.

jejak tapak

Jejak tapak kaki / footprint yang ditemukan, diperkirakan satwa jenis rusa (Cervus unicolor)

keanekaragaman jamur kayu dan bunga liar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guide to Batu Katak

Getting There
Untuk bisa sampe ke Batu Katak, anda harus melewati rute ini, dari Medan? Pekan Bohorok? Batu Katak yang bisa memakan kurang lebih waktu selama 3 jam. Tersedia bus angkutan umum dari Medan – Pekan Bahorok, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek / RBT dari Pekan Bohorok – Batu Katak. Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi guna kenyamanan dalam perjalanan.

Where to Stay
Sebagai objek wisata, kini tersedia penginapan di lokasi ini. Ada beberapa homestay yang bisa anda sewa dengan harga relatif masih murah.

What to Do
Selain dapat melihat budaya masyarakat sekitar yang masih tradisional, anda tentu juga bisa berwisata alam dan menikmati keindahan gua. Bukan apa-apa, panorama alam yang disuguhkan sungguh memukau. Bagi anda yang mencintai dunia fotografi, cocoklah membidik objek foto di sini. Saat ini telah tersedia para pemandu wisata yang siap membawa anda ke lokasi-lokasi yang anda inginkan.

When to Go
Sebenarnya, kapan saja anda bisa datang ke lokasi ini. Namun sebaiknya pilihlah di luar musim penghujan demi kenyamanan anda.

What to Wear
Pakaian apapun bisa kita kenakan selama perjalanan asal pakaian itu nyaman dan sopan. Satu hal, bawalah lampu penerang seperti senter kepala untuk kenyamanan anda menyusuri gua. Serta perlengkapan P3K selama anda melakukan aktifitas wisata.

***

Penulis:
iskandarISKANDARRUDIN, S.Si
Pengendali  Ekosistem Hutan SPTN Wilayah V Bohorok
Email : iscand.2011@gmail.com
Teks dan foto oleh Iskandar*
ditulis untuk Buletin JejakLeuser

Artikel lainnya