• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Program Kemitraan Konservasi, Bersama Hijaukan Sekoci

Program Kemitraan Konservasi, Bersama Hijaukan Sekoci

kemitraan konservasi 3(Langkat, Februari 2019) Petugas Taman Nasional Gunung Leuser, masyarakat Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK), mitra YOSL-OIC dan Kader Konservasi melakukan penanaman di areal kemitraan konservasi resor Sekoci, SPTN Wilayah VI Besitang, BPTN Wilayah III Stabat, pada Jum’at (22/2).

Lokasi kemitraan konservasi merupakan areal terdegradasi dengan luas 758,35 ha. Hingga saat ini KTHK Cinta Makmur, Sejahtera dan Bina Lestari telah melakukan penanaman sebanyak lebih dari 3000 batang tanaman MPTS seperti durian, jengkol, petai dan alpukat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangani Balai Besar TNGL dan 11 KTHK di Kab. Langkat pada Oktober 2018 lalu. Kerjasama dilakukan berdasarkan prinsip saling menghargai, saling percaya dan saling menguntungkan.

kemitraan konservasi sekoci 2Petugas TNGL intens melakukan pendampingan untuk mendukung kegiatan kemitraan, memulihkan kembali ekosistem yang rusak. Mitra turut memfasilitasi KTHK dengan menyediakan paranet, polybag dan peralatan untuk nursery (pembibitan) kepada kelompok Cinta Makmur, Tani Sejahtera, Tani Mandiri, Bamban Makmur, Bina Lingkungan dan Bina Lestari.

kemitraan konservasi sekoci

Kegiatan kemitraan di Sekoci merupakan upaya yang geliatnya terus mengurai konflik yang berkepanjangan di sana. Tepat setahun silam (22/2/2018) sekitar seribu orang dari berbagai pihak termasuk Dirjen KSDAE, Penasehat Senior Menteri LHK, Ketua DPRD Langkat, Komandan KODIM 0203 Langkat, Kesultanan Negeri Langkat dan masyarakat mengikuti Kongres Petani Hutan Konservasi desa penyangga kawasan TNGL. Pertemuan yang sangat penting dalam penyelesaian permasalahan di TNGL, terutama wilayah SPTN VI Besitang.

[teks&foto©bbtngl|22022019]

Berita lainnya