• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Budayakan! Tertib Dan Bertanggungjawab

Budayakan! Tertib dan Bertanggungjawab

Medan(9/7), Hethy dan Herna, mahasiswi Universitas Negeri Medan (UNIMED) hari itu memaparkan hasil penelitian mereka di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Keduanya menggelar presentasi hasil penelitian di hadapan pejabat fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Penyuluh dan Polisi Kehutanan (Polhut) serta staf Sub Bagian Perencanaan Kerja sama serta Subbagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Humas. Ada fakta menarik dibalik agenda ini.

pemaparan hasil penelitian2

Jika kita menyimak dan mengamati data yang ada maka tidak dapat dipungkiri bahwa ternyata sebutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sebagai salah satu laboratorium alam memang patut dan layak disandang. Betapa tidak, banyak peneliti baik lokal maupun mancanegara yang telah menyelesaikan studi maupun penelitiannya di kawasan TNGL. Ini berbanding terbalik dengan banyaknya hasil penelitian yang berhasil dikumpulkan oleh pihak pengelola kawasan TNGL dalam hal ini pihak Balai Besar TNGL sebagai bahan pustaka dan referensi pengelolaan kawasan. Inilah tantangan bagi segenap birokrat pengelola TNGL. Perlu diketatkan kembali aturan mengenai kegiatan penelitian.

Dalam Surat Ijin Memasuki Kawasan Konservasi (SIMAKSI) telah jelas disebutkan bahwa salah satu kewajiban peneliti adalah menyerahkan hasil penelitiannya. Mungkin tidak banyak yang mengerti bahwa hasil penelitian yang ada sangatlah bermanfaat bagi pihak pengelola dan bukan semata-mata hanya bermanfaat bagi pihak peneliti, institusinya maupun pihak-pihak donasi yang mendukung penelitiannya. Sebuah kondisi yang bisa dibilang timpang dan sarat ketidakadilan jika pihak Balai Besar TNGL sebagai otoritas pengelola kawasan TNGL hanya diposisikan sebagai pemberi ijin penelitian dan tidak mendapatkan salinan hasil penelitian dimaksud.

Memang tidak semua peneliti tidak menyerahkan hasilnya. Tapi bisa dibilang kebanyakan peneliti tidak peduli lagi akan tanggung jawabnya setelah selesai menyelesaikan penelitiannya sehingga tidak menyerahkan salinan hasil penelitiannya baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy (pdf). Kemudian pihak Seksi Pelayanan dan Pemanfaatan Balai Besar TNGL menginisiasi keluarnya Surat Kepala Balai Besar TNGL Nomor : S.1521/BBTNGL-2/2013 perihal permintaan laporan terhadap para peneliti dan juga peliput media TV (klik disini)

Beberapa hari lalu ada mahasiswa menghubungi kami yaitu mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang meminta Surat Keterangan bahwa telah melaksanakan penelitian di kawasan kami sebagai syarat untuk bisa sidang skripsi di kampusnya. Sepertinya ini suatu awal yang indah dan mungkin tanggapan baik dari pihak UNIMED terhadap surat yang pernah kami layangkan terkait laporan hasil penelitian mahasiswanya. Kami pun segera memberi pengertian bahwa ada kewajiban dari pihak peneliti untuk mempresentasikan hasil penelitiannya sebelum kami mengeluarkan Surat Keterangan dimaksud. Awalnya mahasiswa tersebut kurang setuju dengan alasan yang sudah-sudah tidak apa-apa. Akhirnya “ketegasan” kami tegakkan bahwa kami tidak akan mengeluarkan Surat Keterangan dimaksud karena menyerahkan hasil penelitian merupakan salah satu kewajiban peneliti dan presentasi merupakan rangkaian dari hal tersebut.

Alhamdulillah kedua mahasiswa tersebut bisa menerima dan akhirnya pada Hari Selasa/ 09 Juli 2013 mereka yaitu Sdri. Hethy Novita Tamba dan Herna Febrianty Sianipar, keduanya merupakan mahasiswi program studi Biologi Universitas Negeri Medan (UNIMED) mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan korps pejabat fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Penyuluh Kehutanan, Polisi Kehutanan (Polhut) dan staf Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Humas Balai Besar TNGL.

pemaparan hasil penelitian1 pemaparan hasil penelitian3Sebagai apresiasi terhadap kedua mahasiswa yang telah meneliti terkait pakan dan sarang Orangutan Sumatera tersebut kami selain memberikan Surat Keterangan telah melaksanakan penelitian juga memberikan Sertifikat khusus bagi Peneliti kawasan TNGL. Terima kasih kepada adik kita Hethy dan Herna semoga sikap tanggung jawab kalian bisa ditiru oleh para peneliti kawasan TNGL di seluruh Indonesia khususnya dan seluruh dunia pada umumnya dan hasil penelitian kalian bisa dipergunakan sebagai bahan perbaikan pengelolaan kawasan TNGL. Aamiin.

YOGHI BUDHIYANTO, S.Hut.
Koordinator PEH Balai Besar TNGL

Artikel lainnya