• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Ditumbangkan, Sawit Ketua Kthk Sejahtera Di Tn Gunung Leuser

Ditumbangkan, Sawit Ketua KTHK Sejahtera di TN Gunung Leuser

penumbangan sawit subarlan 1(Besitang, November 2018) Sebanyak 140 batang tanaman sawit berumur 3.5 tahun milik Subarlan ditumbang oleh ia sendiri dan masyarakat. Kegiatan penumbangan sawit ini juga melibatkan petugas Balai Besar TNGL, 2 anggota POLRES Langkat, 2 anggota POLSEK Besitang, 2 anggota KORAMIL Besitang, 10 personil POLHUT Balai GAKKUM Wilayah Sumatera dan personil dari YOSL-OIC (26/11).

Subarlan merupakan Ketua Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) Sejahtera. Setelah ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara BBTNGL dengan KTHK Sejahtera dan 12 KTHK lainnya, Subarlan dengan sukarela meminta agar kelapa sawit di lahan yang dia garap ditumbang dan diganti dengan tanaman kehidupan.

penumbangan sawit subarlanPenumbangan dilakukan dengan cara memotong pucuk tanaman sawit kemudian diberi cairan kimia agar kelapa sawit mati. Kegiatan ini merupakan komitmen bersama antara BBTNGL dengan 13 KTHK dalam upaya pemulihan ekosistem kawasan TNGL.

Kelompok yang dipimpin Subarlan telah membuat pembibitan secara swadaya dan bibitnya sudah ditanam oleh anggota kelompok.
“Saat ini kami sudah membuat bibit lagi dengan perlengkapan dan peralatan bantuan dari YOSL-OIC”, ujar Subarlan. “Ada sebanyak 3.000 polybag bibit dari jenis petai, jengkol, rambe, dan jambu”, lanjutnya.

TNI Polri dan berbagai pihak dalam penumbangan sawitKepala BPTN Wilayah III Stabat menyampaikan terimakasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Harapannya hal serupa diikuti juga oleh yang lain sehingga program pemulihan ekosistem sukses dijalankan. “Pihak kepolisian dan TNI juga siap membantu untuk menyukseskan program ini”, jelas Ruswanto.

[teks&foto ©bbtngl |27112018|s.indarjo]

Berita lainnya