• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Dua Individu Beruang Madu Terperangkap Jerat Babi

Dua Individu Beruang Madu Terperangkap Jerat Babi

pengbatan beruang 2(Aceh Barat Daya, Juni 2019) Petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser Wilayah I Blangpidie menerima laporan dari masyarakat terkait penemuan dua ekor satwa liar jenis Beruang Madu (Helarctos malayanus). Keduanya ditemukan terperangkap di Desa Ladang Neubok, Kec. Jeumpa, Kab. Aceh Barat Daya yang berjarak sekitar 4 kilometer dari arah Barat Kota Blangpidie.

Informasi bermula saat Bashir_warga setempat_pulang dari kebun pada Selasa (11/6) sekitar jam sepuluh pagi. Ia melihat dua ekor beruang madu dalam kondisi terperangkap. Khawatir keselamatan kedua satwa tersebut, Bashir melapor kepada warga lain yang kemudian bersama-sama mengecek ke lokasi kejadian.

evakuasi beruang madu2beruang madu terjeratInformasi terperangkapnya dua satwa liar diterima petugas TNGL dan BKPH wilayah Blangpidie. Petugas tiba di lokasi pada pukul 11.30 WIB dan langsung meminta bantuan BKSDA Aceh, tim WCS-IP dan YOSL-OIC untuk melakukan evakuasi.

“Sambil menunggu tim evakuasi, petugas kami dan masyarakat melakukan pemantauan dan penjagaan di TKP untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan”, ujar Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo, SH., MH.

Menurut warga, satwa tersebut terjerat akibat dari perangkap babi yang dipasang oleh warga Nias untuk berburu babi. Namun naas yang terjerat satwa liar yang memiliki cakar panjang tersebut.

evakuasi beruang madu_ abdyasatwa pertama dievakuasiSaat berita ini diturunkan, Rabu (12/6), tim evakuasi yang dipimpin BKSDA Aceh dibantu NGO, aparat dan masyarakat setempat telah melakukan proses evakuasi terhadap dua individu beruang madu tersebut sejak jam 10.35  hingga 13.55 WIB. Kedua beruang akan dibawa ke kantor BKSDA Aceh di Banda Aceh untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Melalui whatsapp, Kepala Balai Besar TNGL, Ir. Jefry Susyafrianto, M.M. yang telah melakukan koordinasi dengan Kepala BKSDA Aceh sejak tadi malam, menyampaikan terimakasih atas respon cepat petugas dan masyarakat serta segenap pihak yang telah membantu proses evakuasi salah satu fauna yang dilindungi ini.

 

[teks & foto ©bbtngl | 12062019| Suwandi Selian & Baiturrahmat]

Berita lainnya