• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Evakuasi Dan Rehabilitasi Si Julang Emas

Evakuasi dan Rehabilitasi si Julang Emas

IMG-20190524-WA0009(Deli Serdang, Mei 2019) Petugas Taman Nasional Gunung Leuser menyerahkan satu individu burung Julang Emas yang diamankan dari masyarakat, pada Rabu (22/5). Penyerahan dilakukan di TWA Sibolangit dan diterima oleh BBKSDASU untuk kemudian diserahkan ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS).

IMG-20190524-WA0013Sebelumnya, informasi keberadaan burung cantik ini bermula saat petugas Resor Bekancan menindaklanjuti laporan tim patroli SMART PATROL terkait adanya pemeliharaan satwa dilindungi undang-undang berupa Burung Julang Emas atau Hornbill yang ada di Dusun Sumbaikan 2, Desa Suka Makmur, Kec. Kutalimbaru Kab. Deli Serdang.

Sesuai arahan Kepala Seksi PTN Wil.V Bohorok, petugas melakukan pulbaket untuk melacak keberadaan satwa tersebut sesuai informasi yang diterima. Dibantu dengan volunteer dari SUMECO, petugas resor Bekancan meluncur ke Desa Sumbaikan 2.

IMG-20190524-WA0010Dari pulbaket diketahui adanya masyarakat yang memelihara satwa tersebut. Upaya dengan pendekatan preventif dan penyadaran pun dilakukan petugas. Setelah melalui pembicaraan dan komunikasi yang baik, akhirnya pemelihara bersedia untuk menyerahkan burung Julang Emas.

Dokter hewan kemudian melakukan pemeriksaan. Hasilnya,  satwa tersebut mengalami stres, ditandai dengan mengeluarkan suara “jeritan” sepanjang hari. ” Butuh waktu sekitar 5 hingga 6 bulan untuk siap dilepasliarkan”, ujar sang dokter.

[teks&foto©bbtngl|24052019]

Berita lainnya