• Depan
  • › Kategori: Research
  • › Hubungan Ketinggian Dan Kelerangan Dengan Tingkat Kerapatan Tajuk...

Hubungan Ketinggian Dan Kelerangan dengan Tingkat Kerapatan Tajuk Menggunakan Sistem Informasi Geografis di Tamana Nasional gunung Leuser dan Kawasan Ekosistem Leuser

Peneliti: Zeihan El Aqsar

Spesies: -

No. Pustaka: TNGL-1.037.ZEI.h

ABSTRAK

Taman Nasional Gunung Leuser dan Kawasan Ekosistem Leuser merupakan kawasan hutan konservasi yang harus tetap di jaga keberadaannya. Kawasan ini menyediakan jasa lingkungan serta memiliki tipe ekosistem hutan dengan berbagai vegetasi dengan kondisi fisik kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kondisi fisik kawasan dengan tingkat kerapatan tajuk yang ada di lokasi. Dengan menggunakan sistem Informasi Geografis dapat di ketahui tingkat kerapat tajuk serta kondisi fisik kawasan seperti ketinggian dan kelerengan. Selanjutnya, dari analisis data yang di peroleh dapat dilihat hubunganya dengan uji korelasi.

                Topografi sebagian besar di wilayah penelitian adalah daerah pada ketinggi 0-500 mdpl seluas 40.393,55 ha, Kelerengan lahan sebagian besar oleh lahan bertopografi sangat curam (>40%) seluas 41.885,44 ha dan nilai indeks vegetasi sebagaian besar berada pada kisaran NDVI 0,537-0,646 seluas 39.328,19 ha. Hubungan antara ketinggian dengan kerapatan vegetasi diperoleh korelasi yang kuat yaitu 0,600 dengan korelasi positif sehingga semakin tinggi ketinggian maka tingkat kerapatan tajuk semakin meningkat dan hubungan antara kelerengan dengan kerapatan tajuk di peroleh cukup rendah yaitu 0,326 dengan korelasi negatif.

Kata Kunci : TNGL, Ketinggian, Kelerengan, Kerapatan tajuk, SIG

Research lainnya