• Depan
  • › Kategori: Research
  • › Identifikasi Dan Pemetaan Potensi Wisata Alam Pada Berbagai Jalur Wisata...

Identifikasi Dan Pemetaan Potensi Wisata Alam Pada Berbagai Jalur Wisata Gajah di Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat

Peneliti: Revina Febriani

Spesies: Gajah

No. Pustaka: TNGL-1.039.REV.p

ABSTRAK

                Kawasan  hutan Taman Nasional Gunung Leuser merupakan ekosistem yang dihuni oleh berbagai jenis satwa liar, di antaranya adalah Gajah Sumatera ( Elephas Maximus Sumatranus). Akibat terfragmentasinya habitat gajah, muncul masalah seperti konflik antara manusia dengan gajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor fisik tempat terjadinya konflik gajah dengan manusia serta mengetahui tingkat kerusakan tanaman akibat konflik gajah dengan manusia di Resort Tangkahan, Cinta Raja dan Sei Lepan serta kawasan Ekosistem Leuser. Dengan memanfaatkan koordinat kejadian konflik gajah, kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis dapat di ketahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan konflik antara gajah dan manusia di antaranya ketinggian tempat, kelerengan, jarak dari sungai, jarak dari hutan dan pengunaan lahan di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser serta kawasan Ekosistem Leuser.

                Melalui penelitian ini dapat di ketahui bahwa kejadian konflik lebih banyak terjadi pada ketinggi antara 0-200 mdpl, pada kelerengan 0-8%, 8-15% dan 15-25% kemudian jarak 0-400 meter dari sungai di wilayah Taman nasional Gunung Leuser dan Kawasan Eksosistem Leuser. Hubungan antara masing masing faktor fisik dengan jumlah kerusakan akibat kejadian konflik gajah di uji menggunakan korelasi spearman. Hasil uji menunjukkan bahwa faktor fisik kawasan yang paling kuat mempengarui kejadian konflik adalah fakror kelerengan dan yang paling lemah adalah faktor jarak dari hutan.

Kata Kunci : Gajah, Konflik Gajah dan Manusia,SIG TNGL

Research lainnya