Bukit Lawang

Wisata alam Bukit Lawang menjadi andalan di Leuser dikarenakan memiliki daya tarik satwa langka Orangutan Sumatra semi liar dan panorama hutan hujan tropis. Bukit Lawang atau lebih dikenal sebagai Pusat Pengamatan Orangutan Sumatra berada di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Bahorok Langkat Sumatera Utara. Areal ini memiliki luas 200 hektar.

Pada awalnya Bukit Lawang merupakan pusat rehabilitasi orangutan. Namun seiring dengan perkembangannya, daerah ini berkembang menjadi Pusat Pengamatan Orangutan Sumatra atau Viewing Centre. Saat ini Bukit Lawang menjadi obyek wisata andalan di Sumatera Utara yang ramai dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Mencapai Bukit Lawang dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Kota Medan Sumatera Utara. Dilanjutkan melewati Kota Binjai dengan kendaraan umum melalui terminal bus Pinang Baris Medan. Dapat juga ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam dari Kota Medan.

Fasilitas di Bukit Lawang meliputi pondok-pondok wisata bernuansa alami dengan tarif bervariasi antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 500.000 per malam. Fasilitas wisata lainnya yang tersedia berupa restoran, camping ground, feeding site, dan sampan penyeberangan menuju kawasan Leuser. Di Bukit Lawang banyak tersedia pemandu wisata lokal berpengalaman. Bagi pengunjung yang membutuhkan pemandu selama melakukan petualangan di Leuser dapat menghubungi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bukit Lawang.