Kedah

Pintu gerbang utama untuk masuk ke jalur pendakian Gunung Leuser adalah Kedah. Sebuah dusun yang terletak di Desa Penosan Sepakat, Blang Jerango Gayu Luwes Aceh. Kawasan ekowisata kedah yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser memberikan daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam untuk mendaki puncak Leuser. Menuju puncak Leuser dan Loser membutuhkan waktu sekitar enam sampai tujuh hari. Panorama gunung Leuser sangat indah dipandang dari lokasi ini. Pada peta topografi terdapat dua puncak gunung yang saling berdekatan yaitu puncak Leuser (3.319 mdpl) dan puncak Loser (3.404 mdp).

Gunung Leuser dapat dicapai dari Blangkejeren dengan naik angkutan umum regular jurusan Kutapanjang/Blang Jerango yang berjarak sekitar 9 km. Dilanjutkan naik becak mesin hingga ke dusun Kedah sejauh 5 km. Kemudian dapat pula dengan mencarter angkutan umum dari Blangkejeren ke Kedah. Di sebelah Selatan dusun Kedah terdapat juga obyek air terjun “Uning”. Lokasi tersebut dapat ditempuh sekitar satu jam dengan berjalan kaki. Jarak tempuh sekitar 2,5 km ke arah Selatan Kedah.

Pendakian ke puncak Gunung Leuser umumnya diminati wisatawan mancanegara dengan dipandu oleh pemandu lokal. Sedangkan wisatawan nusantara biasanya datang dari kelompok mahasiswa pecinta alam. Kunjungan ke air terjun “Uning” merupakan bagian dari paket yang ditawarkan jika wisatawan berkunjung ke kawasan Kedah. Terdapat 13 titik jalur trekking dan camping ground sebagai tempat peristirahatan bagi pendaki Gunung Leuser.

Fasilitas akomodasi wisata tersedia di Kedah berupa pondok wisata Tropical Rainforest Lodge dan warung-warung makan tradisional. Terdapat pula jalan setapak menuju puncak gunung dan air terjun “Uning”. Fasilitas akomodasi dan konsumsi terdapat juga di pusat kota Blangkejeren sebagai ibukota Kabupaten Gayo Luwes berupa hotel dan rumah makan.

Pendakian ke puncak Gunung Leuser umumnya diminati wisatawan mancanegara dengan dipandu oleh pemandu lokal. Sedangkan wisatawan nusantara biasanya datang dari kelompok mahasiswa pecinta alam. Kunjungan ke air terjun “Uning” merupakan bagian dari paket yang ditawarkan jika wisatawan berkunjung ke kawasan Kedah.