Lawe Gurah

Keberadaan Rafflesia sebagai bunga terbesar di dunia, orangutan sumatera, kedih, pemandian air panas alami, dan air terjun serta hutan hujan tropis menjadi daya tarik wisata di Gurah. Gurah sebuah dusun yang terletak di Desa Simpur Jaya, Ketambe Aceh Tenggara Aceh. Sumber air panas menjadi daya tarik tersendiri bagi Gurah. Sumber air panas tersebut berasal dari celah bebatuan di tepi sungai Gurah. Airnya cukup hangat dan tidak terlalu panas sehingga memungkinkan untuk mandi berendam di dalamnya. Lokasi ini juga menarik sebagai lokasi berkemah dan trekking menjelajah hutan. Disekitar obyek air panas ini terdapat bunga Rafflesia yang terkenal di dunia.

Selain wisata alam, di Gurah juga terkenal dengan budaya lokal yang atraktif. Kesenian tradisional yang telah mendunia adalah tari Saman yang sering disebut Tari Tangan Seribu. Selain Saman, ada juga tarian Masekat yang mengkombinasikan gerakan tangan dan badan dengan lantunan syair-syair berisi tuntunan keagamaan dan kehidupan bermasyarakat. Syair-syair tersebut dilantunkan oleh para penari sambil melakukan gerakan tarian. Masekat biasanya dimainkan oleh kaum pria. Masih banyak lagi kearifan-kearifan lokal yang bakal anda jumpai jika anda berkunjung ke Gurah.

Aksesibilitas hutan wisata Gurah sangat mudah di jangkau. Dari kota Medan ke Kutacane dapat ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam dengan naik angkutan umum jenis minibus L300 atau Kijang yang banyak tersedia di Jl. Jamin Ginting Medan. Selanjutnya dari Kutacane ke kawasan hutan wisata Gurah cukup banyak angkutan umum yang secara rutin melayani rute ini.

Fasilitas yang tersedia di hutan wisata Gurah adalah jalan setapak atau trail yang terdiri dari beberapa rute yang dapat dilalui oleh wisatawan tanpa perlu didampingi pemandu. Kondisi jalan setapak secara umum dalam kondisi masih cukup baik, namun perlu berhati-hati untuk jalur yang menanjak. Fasilitas akomodasi yang tersedia di lokasi wisata berupa sarana penginapan dan restoran. Selain itu terdapat juga camping ground, menara pengamat satwa, shelter, kantin, areal parkir dan toko souvenir.