• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Kerajinan Tangan, Geliat Pemberdayaan Masyarakat Pantai Selatan Leuser

Kerajinan Tangan, Geliat Pemberdayaan Masyarakat Pantai Selatan Leuser

sulam kurAceh Selatan, Agustus 2018 – Peluang ekonomi masyarakat sekitar hutan tidak harus bertumpu pada sektor kehutanan semata. Banyak ruang lain yang mampu menjawab persoalan tersebut tanpa harus mengorbankan keutuhan kawasan hutan. Sektor pariwisata dan budaya lokal lsalah satunya.

sulam benang kasabBercermin pada kondisi itu, BPTN Wilayah I Tapaktuan melirik dan mengangkat potensi seni budaya lokal ke permukaan. Harapannya agar dapat menjadi salah satu solusi terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, terutama masyarakat yang berada di sekitar pantai Selatan Aceh Selatan.
Senin (6/8) PEH BPTN Wilayah I Tapaktuan, Soloon Syahruddin, S.Hut memaparkan, saat ini berbagai jenis keterampilan tangan masyarakat desa dampingan TN. Gunung Leuser mulai dikenalkan. Bentuk kerajinan tangan yang dihasilkan berupa aksesoris rumahan dengan menggunakan bahan sulam benang kasab, benang rajut dan tempurung kelapa dalam.

gantungan kunci save penyuDalam upaya menekan kerusakan di bidang kehutanan, program pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat diharapkan memberi dampak positif, khususnya bagi mereka yang menggantungkan hidup pada hasil hutan.

“Kedepan, kita ingin melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang berada di sekitar kawasan TN. Gunung Leuser yang juga wilayah dampingan program BCCPGLE KFW – BBTNGL dan KLHK”, ujarnya.

[Teks Efa Wahyuni, Foto : Ulul Azmi ©bbtngl|07082018]

Berita lainnya