• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Latihan Bersama Evakuasi Mandiri Bencana

Latihan Bersama Evakuasi Mandiri Bencana

DSCF9703(Medan, April 2019) Petugas Balai Besar TN Gunung Leuser bersama BBKSDA Sumatera Utara, BPDAS Wampu Sei Ular, BPSKL dan Balai Gakkum Wilayah Sumatera mengikuti Latihan Evakuasi Mandiri Bencana Kebakaran pada Jum’at (26/4).

Acara digelar di kantor BBKSDA Sumatera Utara. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDASU, Teguh Setiawan, menyampaikan kegiatan yang serentak dilakukan UPT Kementerian LHK ini atas himbauan Menteri LHK melalui Surat Edaran nomor SE.7/Setjen/Roum/Set.0/3/2019 tentang Latihan Evakuasi Mandiri Bencana.

DSCF9611“Tujuannya untuk membangun awareness kita terhadap bencana. Begitu terjadi bencana, kita harus siap dan tahu apa yang harus kita lakukan”, ujar Teguh.

Para peserta menyimak paparan materi dari Dinas Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran (DP2K) Kota Medan. Tim narasumber menampilkan video simulasi kebakaran di gedung bertingkat dan memberi penjelasan tentang teori api dan kebakaran serta penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

DSCF9714Simulasi pencegahan dan pemadaman kebakaran dilaksanakan di halaman kantor BBKSDASU. Setelah memperhatikan penjelasan dari Dinas P2K Kota Medan, beberapa peserta ikut mencoba langsung memadamkan api dengan dipandu narasumber.

Kepala Bidang Teknis Konservasi BBTNGL, Adhi Nurul Hadi mempraktekkan cara memadamkan api dengan karung basah. Sedangkan Kasubag Umum BBTNGL, Pinta Simanungkalit mencoba pemadaman api dengan menggunakan APAR. Keduanya sepakat hal seperti ini penting diketahui pegawai khususnya lingkup Balai Besar TN Gunung Leuser.

[teks&foto bbtngl| 26042019]

Berita lainnya