• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Masuk Kebun Durian Warga, Tupang Pun Dievakuasi

Masuk Kebun Durian Warga, Tupang pun Dievakuasi

evakuasi ou(Bukit Lawang, Juli 2019 ) Satu individu orangutan sumatera masuk kebun warga dusun Tualang Gepang , desa Sampe Raya, Kec. Bahorok. Petugas Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser wilayah V Bahorok mencoba menghalau satwa yang dilindungi tersebut dengan menembakkan petasan dan memasang api di bawah pohon. Namun cara itu tidak membuat orangutan pergi. Ia tetap berada di pohon sambil memakan buah durian.

knflik U di SPTN V_2Warga menahan petugas untuk tidak kembali ke kantor SPTN Wilayah V Bahorok sebelum orangutan dapat diusir dari kebunnya. Petugas BBKSDA Sumatera Utara tiba ke lokasi namun belum dilengkapi peralatan evakuasi pada Sabtu (27/7).

evakuasi OU_2Esok harinya, petugas BBKSDASU, BBTNGL, SOCP, HPI dan masyarakat mengevakuasi orangutan yang diberi nama Tupang. Dokter hewan dari SOCP melakukan pemeriksaan dengan hasil Tupang luka di kaki dan tangan. “detak jantungnya lemah, tidak normal”, jelas petugas kesehatan tersebut.

Tupang kemudian diserahkan dari petugas TNGL kepada BBKSDASU untuk dibawa ke Pusat Rehabilitasi orangutan sumatera di Batu Mbelin. Semoga Tupang lekas pulih.

[teks&foto ©bbtngl|31072019]

Berita lainnya