• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Masuk Rumah Warga, Musang Belang Dikembalikan Ke Hutan

Masuk rumah warga, Musang Belang dikembalikan ke Hutan

musang masuk rumah 1(Aceh Selatan, September 2018) Seekor Musang Belang (Hemigalus derbyanus) masuk ke rumah seorang warga Gampoeng Subarang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan pada Sabtu malam(15/9).

Diduga satwa liar ini kesasar saat mencari makanan di sekitar pemukiman penduduk yang berdampingan langsung dengan kawasan hutan lindung. Hewanberjenis kelamin jantan ini kemudian diserahkan warga secara sukarela kepada petugas TN. Gunung Leuser untuk dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya.

musang masuk rumah 3Pelepasan dilakukan oleh petugas bersama dengan warga setempat di punggungan Gunung Lubuk Kapo, Gampoeng Subarang, Kecamatan Samadua, Aceh Selatan pada Minggu pagi (16/9).

Secara terpisah Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Buana Darmansyah, S. Hut. T, menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi masyarakat terhadap pelestarian satwa lindung tersebut. “Upaya yang dilakukan masyarakat bersama dengan petugas ini adalah suatu tindakan mulia. Sangat kita apresiasi. Semoga jumlah populasi satwa langka di alam dapat terus dipertahankan”, tutupnya.

musang masuk rumah 2Perlu Kawan Leuser ketahui, Musang Belang (Hemigalus derbyanus) adalah salah satu jenis satwa liar yang dilindungi di Indonesia. Bahkan telah masuk di dalam daftar IUCN yang statusnya hampir terancam punah.

Musang Belang (Hemigalus derbyanus) merupakan mamalia bertulang belakang dan tergolong fauna berdarah panas. Wajah hewan ini terlihat mancung atau lancip seperti Trenggiling (Manis javanica). Jantungnya terdiri dari empat ruang seperti manusia yaitu ruang atas disebut atrium dan ruang bawah dikenal sebagai ventrikel.

Berdasarkan literasi, Musang Belang Sumatera (Hemigalus derbyanus) sangat mirip dengan jenis Musang Belang Kalimantan (Diplogale hosei). Musang Belang memiliki ukurun sebesar kucing rumahan. Dengan berat antara 1 – 3 Kg dan panjang 41 – 51 Cm, Musang Belang tersebar di wilayah semenanjung Malaysia, Myanmar, Thailand dan Indonesia (meliputi wilayah Sunda, Sumatera dan Kalimantan).

 [Teks&Foto Efa Wahyuni @bbtngl|2018]  

Berita lainnya