• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Peringati Hari Pohon Sedunia, Petugas Tngl Bangkitkan Semangat Konservasi ...

Peringati Hari Pohon Sedunia, Petugas TNGL Bangkitkan Semangat Konservasi Siswa SMK N 1 Kluet Selatan

IMG_9298(Aceh Selatan, 21 Nov 2017) Tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Tanggal ini dipilih untuk menghormati jasa-jasa seorang pecinta alam asal Amerika yang bernama J. Sterling pada tahun 1872 yang gigih mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Pohon berfungsi menyerap gas Karbondioksida (CO2) dan menghasilkan gas Oksigen (O2) yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi. Disamping itu isu pemanasan global yang kian terasa dampaknya membuat kita sadar untuk selalu menjaga hutan sebagai paru-paru bumi.

IMG_9283Dalam rangka memperingati hari tersebut, TN. Gunung Leuser Bidang Wilayah I Tapaktuan mengajak puluhan siswa/i SMK Negeri 1 Kluet Selatan mengikuti kegiatan Bina Cinta Alam dengan Tema “Bersama Menanam Pohon untuk Selamatkan Bumi Kita” di Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang, Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan. Acara yang digelar Selasa(21/11) berlangsung khidmat. Terpancar keceriaan diraut wajah peserta salah satunya Safrijal, pelajar kelas XI. “ Jadi banyak pengalaman dan pengetahuan tentang alam yang kami dapatkan selama mengikuti kegiatan”, tuturnya.

IMG_9276Kepala Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang, Soloon Syahruddin Tanjung, S.Hut menjelaskan rangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan pelajar selama berada di SP. Penyu Rantau Sialang diantaranya : Pembekalan materi tentang lingkungan hidup dan kehutanan, materi tentang konservasi penyu dan pengelolaan hutan konservasi TN Gunung Leuser. Di akhir kegiatan, siswa/i bersama-sama dengan petugas TN. Gunung Leuser melakukan penanaman pohon di sepanjang pantai habitat pendaratan Penyu Belimbing (Dermochelys coreacea). Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan generasi muda terhadap konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya. “Kegiatan Bina Cinta Alam ini dilaksanakan di tingkat sekolah formal mulai dari SD, SMP dan SMA yang berada di wilayah dampingan program BCCPGLE KFW bekerjasama dengan Balai Besar TN. Gunung Leuser”, jelasnya.

DSC_3930Menurut Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, program kegiatan Bina Cinta Alam, diharap akan berdampak positif terhadap generasi muda Aceh selaku agen perubahan tentunya di masa mendatang. “Dengan ditempanya semangat konservasi mereka, terbangun jiwa dan semangatnya untuk bersama memelihara, melindungi dan melestarikan lingkungan hidup beserta ekosistemnya. Setidaknya di lingkungan sekolah tempat dimana mereka menimba ilmu”, pungkasnya.

Secara terpisah Waka Kesiswaan SMK Negeri 1 Kluet Selatan, Syahbuddin, S.Pd mengucapkan rasa terimakasih kepada petugas TN. Gunung Leuser atas kesempatan yang diberikan terhadap siswa/i nya untuk ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Harapannya kegiatan Bina Cinta Alam ini dapat terus dilakukan dan berjalan secara berkelanjutan.

Link Berita terkait lainnya :

Aceh Selatan Com

Liputan Rakyat

Mega Nusantara

[teks & photo ©Arif Saifudin, S.Si & Efa W ©bbtngl | 22112017]   

Berita lainnya