• Depan
  • › Penanganan Kasus

Penanganan Kasus

Kegiatan Yustisi, yaitu kegiatan atau upaya penegakan hukum untuk membuat jera para pelaku pelanggaran oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) atau Penyidik Polri yang diawali dari tindakan Penyidikan sampai dengan Putusan Pengadilan.

Jumlah kasus baru tindak pidana kehutanan (tipihut) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser tahun 2014 (september 2014) sebanyak 5 kasus. Lokasi tipihut tersebar dibidang pengelolaan taman nasional wilayah I Tapaktuan dan Bidang Wilayah III Stabat. Penanganan kasus bekerjasama dengan Direktorat Kriminal Khusus Polda Aceh, Penyidik Pegawai Negeri Sipil Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Polda Sumut, Polres Langkat dan Kejaksaan Tinggi Sumut. Sebagian Barang bukti diamankan di kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser. Kasus tipihut yang telah sampai ke proses P-21 (Berkas lengkap) sebanyak satu kasus. Kasus ditangani di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Kasus lainnya dalam proses penyidikan yang bekerjasama dengan beberapa pihak lainnya.

Tunggakan kasus 2013 yang penanganannya berlanjut sampai tahun 2014 sebanyak lima kasus, kasus tipihut tersebar di Bidang Wilayah II Kutacane dan Bidang wilayah III Stabat. Tiga dari lima kasus tersebut telah sampai pada tahap vonis dari pengadilan. Masing-masing dipenjara 6 (enam) bulan dan denda sebesar Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah). Sampai sekarang kasus ini masih berjalan. Sementara dua kasus lainnya, satu sudah P-21 dan satu lagi masih di tingkat penyidikan.