• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Petugas Tngl Tangkap Pemburu Harimau Sumatera

Petugas TNGL Tangkap Pemburu Harimau Sumatera

kulit harimau(Marike, Juli 2019) Petugas Taman Nasioonal Gunung Leuser menangkap 1 (satu) orang pelaku diduga pemilik kulit Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) pada Senin (1/7) malam.

Dari pelaku, tim Balai Besar dan SPTN Wilayah V Bahorok mengamankan sebanyak 2 (dua) lembar kulit satwa yang dilindungi ini. Pelaku berinisial P, selama ini menjual potongan kulit dengan kisaran harga Rp 100.000,- hingga Rp.200.000,-. Diduga kulit tersebut berasal dari harimau sumatera yang dijerat di dalam kawasan TNGL.

Saat diamankan di jalan raya Marike, tepatnya di Simpang Sogong, pelaku hendak menjual kulit harimau tersebut kepada pembeli.

kulit harimau 4“Rencananya kulit harimau tersebut akan dijual seharga 57 juta rupiah kepada pembeli yang tidak lain adalah petugas kita yang menyamar”, beber Palber Turnip, Kepala SPTN V Bahorok.

Setelah pelaku menunjukkan barang bukti kulit harimau, petugas segera menangkap pelaku. Pelaku sempat melakukan perlawanan. Hingga akhirnya petugas berhasil meringkus pelaku dan mengamankan barang bukti untuk diserahkan kepada penyidik.

kulit harimau 3Kepala Balai Besar TNGL mengapresiasi langkah dan aksi petugas. “Untuk proses penyelidikan lebih lanjut, pelaku dan barang bukti diamankan di kantor Balai Gakkum wilayah Sumatera”, ungkap Jefry Susyafrianto.

Pelaku dijerat Pasal 21 junto Pasal 40 UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman paling lama lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.

 [teks &foto bbtngl | 03072019]

Berita lainnya