• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Ratusan Asn Kementerian Lhk Menanam Di Bahorok

Ratusan ASN Kementerian LHK Menanam di Bahorok

ayo tanam dan pelihara pohon(Bahorok, 09 November 2017) Tak kurang dari 400 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan lingkup Sumatera Utara melakukan penanaman di kecamatan Bahorok. Agenda ini digelar dalam rangka mengimplementasikan Instruksi Menteri LHK Nomor. INS.1/MENLHK/PDASHL/DAS.1/8/2017 tentang Gerakan Tanam dan Pelihara 25 (dua puluh lima) Pohon Selama Hidup.

penyerahan bibit 2 penyerahan bibitSebanyak 10.000 bibit tanaman kehutanan yaitu cempedak, jengkol dan durian ditanam  di dusun Tegapan, desa Batu Jong Jong, kecamatan Bahorok yang masuk dalam wilayah kerja resort Bahorok, Taman Nasional Gunung Leuser.

menanam1Lokasi penanaman merupakan lahan bekas perambahan seluas 4 ha yang sudah diserahkan oleh 4 orang perambah yang berdomisili di sekitar kabupaten Langkat.
Bermula dari tim SMART Patrol yang menemukan tanaman karet yang tidak terawat. Setelah dilakukan pengecekan bersama BPKH Wil. I Medan, lokasi tersebut dinyatakan berada di dalam kawasan TNGL. Proses ditindaklanjuti sampai ke penyerahan lahan oleh perambah kepada Balai Besar TNGL.

Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, Ir. Misran, MM berharap bibit yang ditanam dapat tumbuh dan bisa mengembalikan fungsi ekosistem. “Buahnya nantinya bisa dimakan oleh satwa liar seperti orangutan”, ujarnya.

bksdasu menanam Kegiatan penanaman ini terlaksana atas kerjasama berbagai pihak dari  UPT Kementerian LHK dengan mitra YOSL- OIC dan masyarakat sekitar.
Tanaman yang sudah ditanam akan dilakukan pemeliharaan dan di lokasi tersebut akan dibangun pondok sebagai bagian dari upaya pemulihan ekosistem.

[teks&foto ©bbtngl | 101117| SIj]

Berita lainnya