• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Release Satwa : Elang Ular Bido Dan Punai Tanah Kembali Terbang Bebas

Release Satwa : Elang Ular Bido dan Punai Tanah Kembali Terbang Bebas

elang ular bido 2(Bukit Lawang, Juni 2019) Petugas TN Gunung Leuser wilayah V Bohorok menerima informasi adanya warga yang memelihara burung yang dilindungi. Burung tersebut berupa Elang Ular Bido (Spilorniss cheela) yang dipelihara warga Desa Telagah Kec. Sei Bingei dan burung Punai Tanah (Chalcophaps indica) di desa Tj. Lenggang Kec. Bohorok.

Setelah melakukan koordinasi dengan BBKSDA Sumut, petugas mendatangi TKP dan mendapati kebenaran informasi tersebut. Tim juga melakukan pendekatan preventif sebagai upaya penyadartahuan terhadap masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak menyinggung.

punai tanahPada Sabtu (15/6), dengan kesadaran sendiri si pemilik Elang Ular Bido menyerahkan peliharaannya kepada petugas SPTN Wilayah V Bohorok. Disusul pemilik burung Punai Tanah pada Kamis (20/6). Surat penyerahan ditandatangani, fauna cantik ini pun segera mendapat pemeriksaan.

release burung SKBLrelease burungDokter hewan volunteer SUMECO memastikan kedua satwa dalam kondisi baik dan layak dilepasliarkan. Tim kemudian merelease Elang ular bido dan Punai Tanah ini di lokasi Stasiun Konservasi Bukit Lawang pada Jumat (21/6).

“Lokasi ini merupakan habitat satwa tersebut sehingga layak untuk dipilih sebagai lokasi pelepasliaran”, jelas Palber Turnip, Kepala SPTN V Bohorok.

Kesadaran masyarakat terhadap kelestarian keragaman jenis perlu terus dipupuk. Informasi yang akurat dari masyarakat lain yang memiliki kesadaran konservasi serta pendekatan yang dilakukan petugas membangun upaya positif dalam menjaga flora fauna kekayaan negeri ini.

Biarkan burung-burung dilindungi yang terkurung kembali terbang bebas di habitatnya. Mereka tetap menjaga keseimbangan dalam rantai makanan pada ekosistem hutan Indonesia.

[teks&foto bbtngl, elisa | 21062019|YA]

Berita lainnya