• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Rose, Orangutan Liar Pulang Ke Tngl

Rose, Orangutan Liar Pulang ke TNGL

Rose pulang ke Leuser(Langkat, Desember 2018) Seekor Orangutan Sumatera (Pongo abelii) bernama Rose dikembalikan ke Taman Nasional Gunung Leuser pada Rabu (5/12) sore.

Orangutan betina yang berumur sekitar 30 tahun ini dilepasliarkan di Blok Hutan Cinta Raja III, Resort Cinta Raja, SPTN Wilayah VI – Besitang, Kabupaten Langkat.

Pelepasliaran OS di TNGLPelepasliaran Rose dilakukan oleh gabungan tim Balai Besar TNGL bersama Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Yayasan Ekosistem Lestari – Sumateran Orangutan Conservation Programme (YEL-SOCP), dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC).

Rose merupakan hasil rescue konflik satwa di Batu Rongring, kecamatan Batang Serangan, kabupaten Langkat pada 6 Maret 2018. Pasca konflik satwa, Rose di rawat di Pusat Karantina Orangutan Sumatera (PKOS) Batu Mbelin sampai dinyatakan layak kembali dilepasliarkan.

Rose yang dilepasliarkanSaat dibawa ke Karantina, Orangutan ini dalam keadaan lemas, kurus, berat badan hanya 15 kg, jari tangan ada yang retak dengan beberapa peluru di tubuhnya. Saat ini kondisi sudah sehat, berat badan 26 kg dan satu jari diamputasi” Ujar ddokter hewan PKOS Batu Mbelin.

[teks&foto©bbtngl |05122018|Ari Iswandari]

Berita lainnya