• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Si Manis Javanica Diserahkan Warga Gampoeng Lhok Aman

Si Manis Javanica Diserahkan Warga Gampoeng Lhok Aman

Trenggiling Lhok Aman(Aceh Selatan, Januari 2019) Seorang warga asal Gampoeng Lhok Aman, Kecamatan Meukek, menyerahkan seekor Trenggiling (Manis javanica) kepada petugas TN. Gunung Leuser pada Kamis (3/1/19).

Hewan bersisik keras ini masuk ke dalam rumah Safrijal (30 thn) pada Selasa jam delapan malam. Setelah berhasil ditangkap, hewan liar tersebut diserahkan ke petugas TN. Gunung Leuser secara sukarela untuk dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya. Proses serah terima berlangsung pada pukul 09.00 WIB, di Gampoeng Lhouk Aman, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan.

Trenggiling Lhok Aman 2Menurut petugas Resort Krueng Baro, Herman Juanda, hewan yang gemar memakan rayap ini sering ditemukan warga turun ke pemukiman penduduk dan bahkan lazim masuk rumah. Beruntung masyarakat di daerah tersebut paham akan ketentuan hukum yang mengatur tentang keberadaan satwa lindung di alam.

“Alhamdulillah, setiap temuan satwa liar yang dilindungi Undang – undang Kehutanan, pasti diserahkan warga ke petugas”, tegasnya.

Perhatian dan kerjasama yang baik dari masyarakat tentunya perlu diapresiasi. Hal seperti ini sangat mendukung dalam upaya perlindungan satwa di TN Gunung Leuser khususnya. Terimakasih pak Safrijal.

 [Teks. Efa, W , Foto. Musrizal | ©bbtngl| 04122019]

Berita lainnya