• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Taman Nasional Bali Barat “rumah Terakhir Jalak Bali”

Taman Nasional Bali Barat “Rumah Terakhir Jalak Bali”

Jalak bali, Leucopsar rothschildi, burung berbulu putih bak kapas dengan sedikit polesan biru di sekitar matanya ini, secara alami hanya ada di Bumi Dewata, Bali.

Baron Stressmann, ahli burung Inggris, menemukan si jalak pada 24 Maret 1911. Penemuan itu terjadi ketika kapal Ekspedisi Malaku II yang mengangkut para peneliti terpaksa mendarat di Singaraja selama 3 bulan.

Di Bubunan, Stressmann menembak si jalak untuk diteliti. Atas saran Stressmann, Baron Victor van Plessenn menelitinya lebih lanjut pada 1925.

Dia menemukan sebaran burung ini mulai dari Bubunan sampai Gilimanuk. Jumlahnya masih berbilang ratusan dan hidup berkelompok. Tetapi dari tahun ke tahun daerah sebaran itu menyempit. Pada 1966 jalak bali masih ditemukan di luar Taman Nasional Bali Barat, yaitu Bubunan (50 km, timur kawasan).

Saat ini, sebaran burung indah sang satwa langka dan endemik di indonesia ini terbatas di Semenanjung Prapat Agung, khususnya Teluk Brumbun, dan Tanjung Gelap, Taman Nasional Bali Barat.

Di alam, waktu kawin burung ini cenderung bersamaan dengan musim hujan. Hal ini mungkin tersedianya sumber pakan serta suhu dan kelembaban cukup ideal buat penetasan telur.

Seiring jumlahnya yang kian menyusut, derap pelestarian Jalak bali, terus dipacu. Di Desa Sumber Klampok, salah satu desa penyangga taman nasional, wisatawan dapat melihat dari dekat kiprah para penggiat penangkaran sang Curik bali.

Tak hanya Jalak Bali, Taman Nasional Bali Barat yang terletak di Cekik, Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, menyimpan pesona lain. Denyut nadi kehidupan sosial budaya dari ke tiga belas etnis yang mendiami tak jauh dari taman nasional, berpadu harmoni selaras upaya pelestarian. Panorama alamnya yang indah menjadi magnet bagi wisatawan untuk menikmatinya. Aktivitas yang ditawarkan pun, sangat beragam mulai dari birdwatching, jungle trekking, pengamatan satwa liar, canoing, snorkeling, diving, dan lain-lain.

Musim Kunjungan Terbaik: Agustus – Desember

Alamat Pengelola:

Jl. Raya Cekik – Gilimanuk – Jembrana 82253 Ph. +62365 61060 Fax. +62365 61479

Website : www.tnbalibarat.dephut.go.id

Email : tnbb09@gmail.com

[sumber: http://jasling.dephut.go.id © Dit PJLKKHL | 16092014 | kOEszky]

Artikel lainnya