• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Tanggulangi Karhutla Di Sekitar Tngl, Kementerian Lhk Apresiasi Kinerja...

Tanggulangi Karhutla di Sekitar TNGL, Kementerian LHK Apresiasi Kinerja Polres Aceh Selatan

Screen Shot 2018-09-07 at 11.15.49 AM(Aceh Selatan, September 2018) Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) melalui Balai Besar TNGL menyampaikan Piagam Penghargaan sebagai bentuk apresiasi Kementerian LHK terhadap kinerja Polres Aceh Selatan dalam melakukan pengendalian karhutla di sekitar kawasan TNGL pada Kamis (6/9).

“Ini merupakan bentuk sinergitas, komunikasi dan silaturahmi dalam rangka memelihara hubungan baik dengan stakeholder di lapangan”, ujar Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan Buana Darmansyah, S.Hut.T yang mewakili Balai Besar TNGL.

Kebakaran hutan dan lahan menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir terutama di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bersyukur event ASIAN Games Ke-XVIII Tahun 2018 di Jakarta dan Palembang dapat berjalan lancar tanpa terganggu asap akibat karhutla di Indonesia. Selain berdampak buruk terhadap hutan dan lahannya, karhutla juga mengganggu proses pembangunan dan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi dan lingkungan hidup.

Pada 8 Juni 2018 telah terjadi Karhutla di Areal Penggunaan lain (APL) desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan yang berdampingan dengan kawasan TNGL Wilayah Resort Bakongan, SPTN Wilayah II Kluet Utara, BPTN Wilayah I Tapaktuan. Lokasi kebakaran lahan sangat berdekatan dengan kawasan TNGL, sehingga dapat mengancam keberadaan hutan konservasi di lokasi tersebut. Melihat kejadian tersebut, Polres Aceh Selatan bersama TNGL, BKSDA Aceh, KODIM 0107 Aceh Selatan, Forum Konservasi Leuser (FKL) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan sigap memadamkan areal yang terbakar walaupun dalam keadaan puasa di bulan Ramadhan. Ketika titik api (hotspot) berhasil dipadamkan dalam waktu 6 hari, tiba-tiba muncul hotspot baru di desa Ujung Mangki, Kecamatan Bakongan. Lokasi kebakaran tidak terlalu jauh dengan lokasi kebakaran awal, sehingga tim kembali melakukan pemadaman titik api meski dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Kali ini tim dibantu juga oleh Brigade Pengendalian Karhutla Daops Sibolangit, Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Sumatera. Akhirnya api berhsil dipadamkan berkat kerjasama semua pihak. Diperkirakan total luas areal lahan yang terbakar mencapai 70 hektar.

Kapolres Aceh Selatan, Dedi Sadsono, ST, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran lahan di wilayah Bakongan pada bulan Juni 2018 lalu. “Penghargaan ini bukan hanya untuk Polres Aceh Selatan saja, namun untuk kita semua yang terlibat dalam kegiatan pemadaman tersebut”, lanjutnya.

 [Teks : Arif Saifudin, S.Si & Foto : T. Irmansyah, S.Hut ©bbtngl | 07092018]  

Berita lainnya