• Depan
  • › Visi – Misi dan Tujuan

Visi – Misi dan Tujuan

A. Visi

Sebagai Kawasan Pelestarian Alam, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) berfungsi utama sebagai sistem penyangga kehidupan dengan fokus pengelolaan untuk mempertahankan perwakilan ekosistem Leuser yang unik dan memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi serta habitat penting bagi keberadaan beberapa spesies lambang/kebanggaan (flagship species). Namun demikian, TNGL juga merupakan hotspot keterancaman keanekaragaman hayati yang tinggi, yang disebabkan oleh illegal logging, perambahan kawasan, kebakaran, dan aktivitas vandalisme lainnya. Pengelolaan TNGL didesain untuk mampu memberikan manfaat ekologi, ekonomi, sosial, dan budaya secara optimal dan menjamin legitimasi keberadaannya secara jangka panjang dengan semangat perubahan demokratis, transparan dan bertanggung-gugat (accountable), serta tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Berdasarkan hal tersebut, apabila dikelola secara benar dan didukung oleh berbagai sektor terkait, TNGL memiliki peran dan fungsi sebagai penyangga pembangunan yang berkelanjutan, sehingga dapat dijadikan visi pengelolaan jangka panjang sebagai berikut:

TNGL Lestari dan Penyangga Pembangunan Berkelanjutan 2029

Visi tersebut di atas mengarah kepada pencapaian tujuan pembangunan kehutanan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan yaitu penyelenggaraan kehutanan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan, serta sejalan dengan visi pembangunan nasional tahun 2006-2025 yaitu Indonesia yang Maju, Mandiri, dan Adil.

B. Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut ditetapkan 5 (lima) misi pengelolaan jangka panjang (2010-2029) sebagai berikut:

  1. Memantapkan penataan legalitas kawasan yang disepakati dan diakui para pihak (stakeholders);
  2. Memantapkan pengelolaan kawasan dan keanekaragaman hayati;
  3. Mengoptimalkan pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam yang berkualitas dan lestari untuk kesejahteraan masyarakat;
  4. Mewujudkan kelembagaan TNGL yang mantap;
  5. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan TNGL yang adil dan bertanggung jawab.

C. Tujuan Pengelolaan

Tujuang pengelolaan TNGL jangka panjang adalah mengukuhkan TNGL sebagai benteng ekosistem hutan dataran rendah Sumatera yang berfungsi optimal sebagai sistem penyangga kehidupan dan bermanfaat bagi komunitas global.