• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › Udik, Semangat Baru Kelola Data Tngl

UDIK, Semangat Baru Kelola Data TNGL

IMG_2059IMG_2064(Medan , Juli 2019) Selama hampir dua bulan terakhir, petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser menunjukkan antusias dan semangat yang tinggi dalam upaya menjalankan fungsinya sebagai penyedia data dan informasi kawasan.

Kepala Balai Besar, Ir. Jefry Susyafrianto,MM. membentuk tim efektif dalam rangka pengembangan kolaborasi pengelolaan kawasan TNGL melalui manajemen data dan informasi terpadu. Tim terdiri dari pejabat struktural, pejabat fungsional, analis data dan staf pada eselon terkait lingkup Balai besar TNGL.

x-banner UDIKDalam pertemuan pada Senin (24/6), Jefry menjelaskan perlunya terobosan dalam pembaruan manajemen data pada pengelolaan TNGL. Hal ini berangkat dari belum adanya prosedur/alur dan media/tempat/unit khusus penyampaian dan penyimpanan data serta masih tersebarnya data pada pelaksana di lapangan.

“Kita ingin mewujudkan TNGL sebagai sumber pengetahuan untuk hutan hujan tropis sumatra. Caranya melalui akurasi data yang dianalisis dengan pengalaman nyata di lapangan. Ya melalui UDIK ini salah satu terobosannya”, jelasnya.

Unit Data dan Informasi Konservasi (UDIK) merupakan pusat penyimpanan serta pengelolaan data dan informasi dari lapangan lingkup Balai Besar TNGL.

Data dan informasi yang dismpan dan dikelola oleh UDIK nantinya dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan yang tepat baik bagi pengembangan dan penyelesaian gangguan dan ancaman kawasan.

[teks&foto©bbtngl|12072019]

Berita lainnya