• Depan
  • › Kategori: Berita
  • › World Clean Up Day 2018 Di Aceh Barat Daya

World Clean Up Day 2018 di Aceh Barat Daya

WCD_2018(Aceh Barat Daya, September 2018) Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah I turut ambil bagian dalam kegiatan World Clean Up Day (WCD) 2018 yang diselenggarakan di Kota Blangpidie (15/9). World Clean Up Day merupakan program aksi sosial global yang bertujuan untuk memerangi masalah sampah global, termasuk masalah sampah laut. World Clean Up Day secara serentak dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 di 150 Negara melibatkan sekitar 10 % penduduk dunia atau lebih dari 350 juta penduduk dunia.

WCD_2018_2World Clean Up Day menjadi aksi bersih bersih pertama terbesar di dunia, begitupun dengan Indonesia. Kegiatan berupa pembersihan sampah secara serentak digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup. Terwujudnya kolaborasi yang masif dalam menyukseskan event bersih-bersih serentak di seluruh Indonesia dengan membawa semangat perubahan terhadap penanganan sampah yang ada menuju Indonesia Bersih Sampah merupakan visi dari WCD.

WCD_2018_1Kegiatan WCD di Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya di ikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari puluhan lembaga baik lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, maupun swasta. Kegiatan pembersihan sampah di mulai dari TPI Ujung Serangga sampai ke pesisir pantai Jilbab. Koordinator dan Penanggungjawab WCD Kabupaten Abdya, Masri Fhitrian mengatakan , “Sampah yang terkumpul dalam kegiatan ini mencapai 1 ton, nantinya akan dipilah dan didaur ulang menjadi bahan souvenir yang memiliki nilai ekonomi”. Lebih lanjut Masri berharap melalui kegiatan ini semua elemen masyarakat menyadari bahwa sampah sangat berbahaya terhadap kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup sehingga kedepan masyarakat dapat mengelola sampahnya dengan bijak.

[teks & foto Alias Suandi ©bbtngl | 17092018]

Berita lainnya