(Gayo Lues, Maret 2022) Dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan ke 39 yang jatuh pada tanggal 16 Maret 2022 dengan tema “Rimbawan Menjaga Lingkungan, Menyukseskan Presidensi G20 Indonesia”, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser melakukan aksi bersih di jalur pendakian gunung kemiri, Desa Gumpang Lempuh, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues (16/3). Aksi bersih ini sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (21/2) dan Hari Ulang Tahun Taman Nasional Gunung Leuser ke 42 (6/3).
Kegiatan ini bermaksud untuk mengajak dan meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat terhadap upaya pelestarian Taman Nasional Gunung Leuser yaitu dengan cara membersihkan sampah pada jalur pendakian gunung kemiri, diikuti 30 orang yang terdiri dari petugas SPTN Wilayah III Blangkejeren, Kelompok Ranger Kemiri Mountain (RKM), Mapala Sangkala, Masyarakat Mitra Polhut dan Masyarakat Desa Gumpang Lempuh, dan Komunitas Pecinta Alam Gayo Lues (KOMPAL – GL).

 

 

 

 

Pembersihan sampah dimulai areal Air terjun Pungke Jaya, seputaran sungai gumpang lempuh dan desa gumpang lempuh – Batas Hutan – Bivak I – Air – Panorama – Camp Area – Bivak II – Sungai Mati – Bivak III – Puncak Utara – Bivak IV – Puncak Kemiri yang direncanakan selama 10 hari. Selain aksi bersih, petugas juga melakukan pemasangan Sigh Board berisi (Peta lokasi, Tata cara Masuk, dan Informasi penataan dan pemasangan Pal HM, tanda informasi di Jalur pendakian Gunung Kemiri.
Kepala SPTN Wilayah III Blangkejeren, Ali Sadikin berharap dengan adanya kegiatan ini mensosialisasikan program Pendaki Cerdas, yaitu program pendaki gunung yang peduli diri, kawan, dan juga lingkungan serta taat aturan dan menghormati petugas. Berharap juga memberikan dampak terhadap pengurangan sampah yang dihasilkan dari aktifitas pendakian dengan meningkatnya kesadaran dari para calon pendaki sampah non-organik yang berserakan di gunung tak hanya mengotori lingkungan, namun sekaligus mengganggu keseimbangan ekosistem di wilayah ini.

[teks&foto ©bbtngl,bptn2|16032022|Tim Medsos]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories