(Rantau Sialang, November 2023) Dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) guna antisipasi dampak El Nino, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Tapaktuan bersama unsur Muspika Kecamatan Bakongan dan Kluet Selatan menggelar Apel Siaga Karhutla. Turut hadir unsur Muspika antara lain Camat Bakongan yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Camat Kluet Selatan, Danramil Bakongan, Danramil Kluet Selatan, Kapolsek Bakongan, dan Kapolsek Kluet Selatan. Selain itu, turut hadir juga antara lain Keuchik dan Perangkat Desa Ujung Mangki Kec. Bakongan, Keuchik dan Perangkat Desa Pasie Lembang Kec. Kluet Selatan, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Ujung Mangki dan Pasie Lembang, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Resor Bakongan dan Resor Kluet Selatan, dan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif Binaan SPTN Wilayah II Kluet Utara.


Kegiatan Apel Siaga Karhutla yang diikuti oleh 80 peserta tersebut berlangsung lancar dan khidmat, mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, arahan Pembina Apel, pemeriksaan perlalatan pemadaman kebakaran, simulasi pemadaman kebakaran, hingga pembubaran apel. Pembina apel yang dipimpin langsung oleh Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Fitriana Saragih, S.Hut.,M.Si menyampaikan bahwa perlu kolaborasi dan partisipasi para pihak dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat yang melakukan pembukaan lahan, diharapkan dapat mengelola lahanya dengan baik agar tidak terjadi kebakaran lahan yang tidak terkendali dengan cara antara lain ; memperhatikan waktu, luasan, dan kemampuan dalam mengelola lahanya dari aktifitas pembakaran, pungkasnya.


Kegiatan apel siaga ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser dan sekitarnya.

Penulis :
Arif Saifudin, S.Si
PEH MUDA BBTNGL

Foto :
Ulul Azmi
Achmad Yaskur, SH