Kutacane,   Desember 2023) Masyarakat desa penyangga Taman Nasional Gunung Leuser mendapatkan pelatihan pembuatan ecoprint (05/12/2023). Pelatihan pembuatan ecoprint dilaksanakan di 2 lokasi. Lokasi pertama berlangsung di bale desa Kute Lengat Sepakat, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh yang diikuti sebanyak 18 orang dari Kelompok Tunes Mude Desa Pintu Gayo dan Kelompok Bunga Batik Desa Kute Lengat Sepatakat. Desa Tanjung Leuser, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara menjadi tempat pelatihan kedua. Di rumah ketua Kelompok Leuser Ecoprint berkumpul sebanyak 16 orang yang berasal dari anggotanya dan Kelompok Sekar Maju Desa Salim Pipit. Keempat kelompok ini merupakan penerima bantuan ekonomi produktif tahun 2023.

Marini, pendamping kelompok ecoprint binaan TNGL di SPTN Wilayah I Blangpidie menjadi pengajar dalam pelatihan ini. Kelompok dampingan Marini telah sukses dalam pembuatan dan penjualan ecoprint di Aceh Barat Daya. "Kami dulu juga sama, tidak ada yang bisa membuat. Kami belajar, mencoba dan terus mencoba hingga mendapat formula yang pas dengan bahan sekitar daerah kami" ujarnya.

Keunikan dari kain ecoprint adalah menghasilkan motif yang selalu berbeda. Pewarna menjadi tantangan di daerah Aceh, kayu secang tidak ditemukan di sini sehingga harus mencari alternatif lain seperti kulit manggis, daun jati, buah pinang muda, dan kulit kayu jamlang.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti praktik pelatihan. Daun-daun yang didapatkan di sekitar lokasi pelatihan sangat bervariasi. Diakhir pelatihan, hasil kain ecoprint sangat memuaskan.

 

[Teks & Foto ©AI| 08122023]

 

Youtube:

 

1.     https://youtube.com/shorts/RC1y98qJSpA?si=ESOgHyF0aqoiYPfJ

2.     https://youtube.com/shorts/KE2Ner84USU?si=pSL1nfmo49-ImXNc