[Bohorok, Januari 2024] Memasuki minggu ketiga bulan Januari Tahun 2024, Petugas TNGL kembali menerima Seekor satwa dilindungi dari masyarakat yaitu satwa Lutung Kelabu. Lutung Kelabu dengan nama ilmiah Trachypithecus cristatus merupakan satwa yang dilindungi sesuai dengan Permen LHK No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi. Satwa berekor panjang ini diperkirakan berumur 1,5 tahun, dan pada saat diserahkan ke petugas kondisinya sehat, hanya saja sedikit jinak pada tuannya.

Penyerahan Lutung Kelabu dari Masyarakat kepada Petugas

 

Aktivitas penyerahan satwa dibantu oleh SUMECO Sumatra Ecoproject (SUMECO), yang merupakan salah satu relawan TNGL. Dalam rangka pemeriksaan kesehatan lanjutan sebelum dilepasliarkan, satwa lutung tersebut diserahkan ke PPS (Pusat Penyelamatan Satwa) Sibolangit. Lutung Kelabu merupakan satwa arboreal, yang hidup di atas pepohonan. Makanan pokoknya terdiri dari tumbuh-tumbuhan. Memakan dedaunan, buah-buahan serangga.

Penyerahan Satwa Lutung ke PPS Sibolangit 

 

Lutung Kelabu hidup berkelompok, dalam satu kelompok terdiri dari sekitar sembilan sampai tiga puluh ekor lutung, termasuk satu lutung jantan dewasa dan lutung-lutung betina yang secara komunal membesarkan anak lutung. Lutung jantan dewasa melindungi kelompok dan wilayahnya dari lutung jantan lainnya.

 

[Teks & Foto : SPTNVBahorok | 19012023]