(Bahorok, Januari 2024) Masih dalam rangka sosialisasi Permen LHK No. P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi, petugas SPTN Wilayah V Bahorok Taman Nasional Gunung Leuser berhasil mengajak warga desa penyangga TNGL untuk bersama-sama dalam melindungi satwa. Satu ekor Sunda Pangolin atau yang lebih dikenal dengan trenggiling diserahkan oleh Bapak Andi Sitepu pada hari Minggu (28/01/2024).


Bapak yang tinggal di Desa Batu Katak, Kecamatan Batu Jongjong, Kabulaten Langkat menemukan satwa dengan nama latin manis Javanica pada hari Jumat (26/01/2023). Satwa bersisik ini muncul setelah air sungai di desa tersebut mengalami peningkatan.

"Setelah mendapat laporan, diperintahkan Kepala SPTN wilayah V Bahorok dan Volunter SUMECO untuk menerima penyerahan satwa dan langsung release besok hari karena trenggiling dalam keadaan sehat dan liar" Ujar Bapak Palber Turnip, Kepala BPTN Wilayah III Stabat.

Satwa dengan status Criticaly Endangered ini diserahkan oleh pemilik tanpa ada paksaan dan disaksikan masyarakat setempat. Perbuatan ini merupakan langkah baik bersama yang perlu saling dijaga.

[Teks & Foto : SPTNVBahorok | 28012023]