Mirip babi, tapi bukan. Mirip musang, tapi bukan juga. Inilah dia, babi batang (Arctonyx collaris) atau sering disebut juga pulusan. Meski sebutannya babi batang, satwa ini bukan dari keluarga babi hutan atau pun musang, melainkan masuk ke dalam family Mustelidae (cerpelai).

Moncongnya mirip babi tapi tubuhnya seperti musang, berbulu abu kekuningan. Panjangnya bisa mencapai 1040 mm dengan ekor 120-170 mm. Nampak gendut, salah satu satwa TN Gunung Leuser ini beratnya sekitar 7-14 kg.

Kaki dan perutnya berbulu hitam. Sedangkan dahi atas hingga ujung moncong berwarna putih, juga di tenggorokan dan ujung telinga. Ada garis hitam memanjang di sekitar mata dan pipi.

Di Indonesia, satwa ini hanya dijumpai di pulau Sumatra. Babi batang Sumatra (Arctonyx c. hoevenii) dalam bahasa Inggris disebut Sumatran hog badger.

Satwa omnivora yang suka memakan mamalia kecil, serangga, cacing, buah-buahan, umbi dan akar ini, dilindungi loh. Status konservasinya dalam IUCN redlist, ‘Near Threatened’ untuk jenis Arctonyx collaris dan ‘Least Concern’ untuk Arctonyx c. hoevenii. Mari kita kenali dan jaga kelestariannya.

[teks Ahtu Trihangga, foto @bbtngl| 2020]

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives