(Medan, 31 Mei 2021) Balai Besar TN Gunung Leuser  bersama Yayasan Orangutan Sumatra Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) meluncurkan buku yang berjudul “ Jenis-Jenis Pohon Asli di Taman Nasional Gunung Leuser, pada Senin (31/5).

Bertempat di ruang rapat kantor Balai Besar TN Gunung Leuser, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Besar yang diwakili Kepala Bidang Teknis Konservasi, Adhi Nurul Hadi, S.Hut., M.Sc. Dalam sambutannya Adhi menuturkan bahwa buku ini bukan akhir dari koleksi informasi terkait flora di TN Gunung Leuser.

“Kami berharap dengan diterbitkannya buku ini dapat membuka potensi analisis lebih lanjut terkait flora yang nantinya untuk penentuan flora penting di kawasan TNGL”, ujar Adhi.

Peluncuran buku dihadiri strukural dan staf BBTN Gunung Leuser, akademisi, peneliti dan mitra kerja Balai Besar TN Gunung Leuser yang dilaksanakan secara langsung dan daring melalui virtual zoom.

Tingginya keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna di Taman Nasional Gunung Leuser membuat buku ini menjadi sangat penting. Terhitung 113 spesies dari 42 family jenis-jenis pohon asli yang terdapat di TNGL didokumentasikan secara apik.

Jenis-jenis pohon asli dalam buku yang disusun oleh Rio Ardie dkk yang hidup di lokasi Restorasi Halaban, Restorasi Cinta Raja dan ekosistem referensinya. Dua lokasi tersebut merupakan tipe hutan dataran rendah dengan ketinggian 70 – 120 mdpl.

Seluruh pihak yang hadir mengapresiasi diluncurkannya buku ini. “Ini mungkin seri pertama untuk flora di TN Gunung Leuser karena ambisi kita ya mencakup wilayah TN Gunung Leuser”, harap Rinaldo, Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan.

[teks&foto @bbtngl, nurlaili|31052021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories