(Aceh Tenggara, Januari 2022) Sejumlah desa pada beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara dilanda banjir sejak Selasa (4/1) lalu. Menurut informasi BPBD Aceh Tenggara, curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Aceh Tenggara menyebabkan debit sungai Lawe Kinga naik. Peluapan terjadi akibat jebolnya tanggul sungai Lawe Kinga dan Lawe Tuban.

Masyarakat terdampak banjir ini berada pada 5 kecamatan yaitu. Kec.Bambel, Lawe Sumur,Lawe Bulan, Bukit Tusam dan Kec. Semadam. Menurut pantauan petugas Bidang Pengelolaan TN Gunung Leuser wilayah II Kutacane, genangan air telah surut. Masyarakat mulai membersihkan rumahnya masing-masing dan sekitar tempat tinggalnya.

Kantor resor dan wilayah kerja Bidang Pengelolaan TN Gunung Leuser yang tersebar lingkup Kab. Aceh Tenggara tidak mengalami dampak banjir yang terjadi di awal tahun 2022 ini. Petugas meninjau timbunan bekas penebangan pohon di desa Lawe Kinge kec.Lawe Bulan yang diduga menjadi sumber utama banjir bandang yang tak hanya berdampak pada rumah masyarakat namun juga beberapa fasilitas umum seperti rumah ibadah dan sekolah serta jalan nasional.

Beberapa alat berat diturunkan untuk membersihkan akses jalan dan irigasi yang tertutup tumpukan lumpur sisa banjir bandang. “Air untuk irigasi sudah mulai mengalir kembali”, ujar Jusmidi, staf BPTN II Kutacane.

“Masyarakat juga tidak ada yang berada di posko pengungsian, sudah kembali ke rumah masing-masing”, jelasnya. Penyaluran bantuan untuk warga terdampak dapat disampaikan kepada Kepala Desa pada 5 kecamatan tersebut.

Setiap bencana mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kelestarian alam. Harapan kita semua kondisi segera terkendali dan seluruh masyarakat dapat beraktivitas kembali.

[Teks&foto ©bbtngl|7012022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories