Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser kembali menggelar pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk para pemandu wisata. Kali ini peseta kegiatan terdiri dari masyarakat yang ada di Desa Gumpang Lempuh, Kecamatan Putri Betung dan Desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 16 sampai dengan 18 September 2020 di Hotel Nusa Indah Blangkejeren, Gayo Lues. 

Selain masyarakat, petugas BBTN Gunung Leuser yang ada di pintu masuk Resor Kedah dan Resor Jambur Gele juga dilibatkan dalam acara ini. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 orang dipertemukan dengan narasumber dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gayo Lues, Federasi Arung Jeram Indonesia Cabang Gayo Lues dan Harley Bayu Sastha selaku pegiat alam terbuka atau perwakilan Federasi Mountering Indonesia.

Kegiatan ini sebagai bentuk peningkatan kualitas dan kapasitas  sumberdaya para pemandu wisata dari masyarakat setempat di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, khususnya Desa Penosan Sepakat dan Desa Gumpang Lempuh.

“Untuk menciptakan pemahaman bersama tentang ekowisata, khususnya mengenai dasar-dasar pelayanan dan pengelolaan pengunjung melalui prinsip-prinsip konservasi dan daya tampung kawasan pada masa new normal”, jelas Fitriana Saragih, Kasie Pelayanan dan Pemanfaatan BBTN Gunung Leuser.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah pengembangan kapasitas para pemandu terutama di pintu masuk Kedah dan pendakian Gunung Kemiri dalam melayani pengunjung pada masa Pandemi Covid-19 dengan mengedepankan protokol Covid-19. 

Kegiatan ini bagian dari pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TN Gunung Leuser, setelah sebelumnya Balai Besar TNGL menyerahkan bantuan sosial ekonomi produktif ke dua desa tersebut melalui Kelompok Senebuk Indah di Desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blangjerango dan Kelompok Ranger Kemiri Mountain Desa Gumpang Lempuh, Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues dalam bentuk uang tunai untuk pembelian perlengkapan tracking.

Melalui kegiatan wisata diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat dari keberadaan kawasan TN Gunung Leuser sehingga ikut berperan aktif dalam menjaga kawasan.

[teks&foto@bbtngl | 18092020]

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives