(Palembang,  Juni 2022) Balai KSDA Sumatera Selatan menggelar kegiatan bertajuk ‘Coaching Pengelolaan Data, Informasi dan Media Sosial”, Selasa (21/6) di kantor BKSDA Sumatera Selatan, Palembang. Pada kegiatan ini, BKSDA Sumsel menggandeng tim pengelola medsos dan Unit Data Informasi Konservasi (UDIK) BBTN Gunung Leuser.

Ahtu Trihangga menceritakan perjalanan terbangunnya UDIK pada BBTN Gunung Leuser.  Kolaborasi pengelolaan kawasan melalui manajemen data dan informasi terpadu telah berjalan sejak tahun 2019 lalu. Namun demikian pondasinya dibangun jauh sebelum itu, seperti persepsi dan implementasi resort based management, lembar kerja dan standar presedur patroli, dll. 

Sedangkan salah satu tim pengelola medsos TN Gunung Leuser, Yunita Aprilia berbagi tips mengenai pengelolaan media sosial “pelat merah” pada berbagai kanal seperti instagram, facebook, twitter dan youtube. 

Pengelola medsos BKSDA Sumsel dan wali data pada setiap Seksi Konservasi Wilayah terlihat antusias mengikuti agenda hari itu. Tahun 2022, BKSDA Sumsel membentuk Beranda Layanan Informasi dan Data (BELIDA) sebagai unit pengelolaan data dan informasi.

Kepala BKSDA Sumsel, Ujang Wisnu Barata yang sebelumnya juga bertugas di BBTN Gunung Leuser mengatakan perlunya komitmen dan kreativitas dalam membangun dan mengelola data dan informasi. “Dengan adanya BELIDA, harapannya data dan informasi lingkup BKSDA Sumsel akan dapat terkumpul dan tersistem di dalam satu rumah data yang terkoneksi pada seluruh aplikasi data lingkup BKSDA Sumsel”, jelasnya.

Aksi kolaborasi dan berbagi seperti ini dapat mendukung pengelolaan pada kedua unit pelaksana teknis ini menjadi lebih baik karena lebih mengenal kekurangan dan tindak lanjut ke depan yang lebih baik.

[teks©bbtngl, foto©bksdasumsel|22062022|itatea]

 

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories