(Desa Bukit Mas, Mei 2022)
Tim Seksi Pengelolaan TN Gunung Leuser Wilayah VI Besitang bersama WCS-IP melaksanakan kegiatan Visit to School ke sekolah-sekolah yang ada di Desa Bukit Mas. Kegiatan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 23 sampai dengan 25 Mei 2022.

Desa Bukit Mas yang ada di Kecamatan Besitang ini adalah salah satu desa penyangga yang ada di Resor Sei Betung. Desa Bukit Mas dipilih sebagai sasaran edukasi karena beberapa hal, yakni lokasi desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TNGL dan juga sebagai desa yang masih memiliki interaksi antara manusia dengan harimau sumatra.

Kegiatan pada hari pertama dibuka langsung oleh Kepala Resort Sei Betung_Jamaludin_ yang mengajak siswa-siswi MTs Al-Ikhlas untuk mengenal lebih jauh tentang hutan leuser termasuk pengenalan tentang flora dan fauna.

Kegiatan edukasi dipandu Penyuluh Kehutanan SPTN VI Besitang Riski Oktavianti Simanjuntak dan staf mitigasi konflik satwa liar WCS-IP Afrizal Alfarisi yang mengajak para siswa untuk mengenal lebih dekat salah satu satwa karismatik di hutan leuser ‘harimau sumatera’. Siswa-siswi belajar mengenai bagaimana cara hidup berdampingan dengan satwa liar ini, mulai dari mengenal manfaat keberadaan harimau di alam dan juga cara beternak yang aman dari gangguan satwa liar.

Hari berikutnya, Tim SPTN VI Besitang bersama WCS-IP kembali melangsungkan kegiatan di SD 057769 Arus Napal, Dusun Aras Napal Kanan dan di SMP Swasta Bukit Mas. Tim edukasi kembali mengajarkan seluruh materi penting tentang pengenalan hutan leuser beserta dengan flora dan faunanya sekaligus mengajarkan para siswa mengenai teknik identifikasi tanda keberadaan harimau di lapangan. Seluruh siswa juga ikut belajar dan mempraktekkan cara mengidentifikasi harimau yang terekam oleh kamera jebak.

Seluruh proses pembekalan ilmu tentang satwa liar dan hutan TNGL ini menjadi lebih menarik karena tim edukasi mengajarkan kiat-kiat menjaga kawasan hutan TNGL dan satwa liarnya dengan cara yang interaktif. Dengan berbagai kuis, tim edukasi membuat siswa-siswa semakin antusias dan aktif berdiskusi, menjawab dan mengajukan pertanyaan.

[Teks dan foto Riski @bbtngl, Afrizal @wcs-ip |25062022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories