(Medan, Desember 2020) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser bersama Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) wilayah Kecamatan Besitang dan Sei Lepan menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) penguatan fungsi kemitraan konservasi dalam rangka pemulihan ekosistem di Resor Sekoci Lepan, SPTN Wilayah VI Besitang, BPTN Wilayah III Stabat, Taman Nasional Gunung Leuser.

Kegiatan penandatanganan berlangsung di ruang rapat Kantor Balai Besar TNGL Jalan Selamat Nomor 137, Kel. Sitirejo III Kec. Medan Amplas, Kota Medan pada Senin (21/12).

Penandatanganan PKS ini dilakukan antara Balai Besar TN Gunung Leuser dengan 3 kelompok yaitu KTHK Karya Makmur dan KTHK Rindang, yang berada di Desa Pir ADB, Kecamatan Besitang. Serta KTHK Sumur Cincin yang berada di Desa Harapan Maju, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari surat arahan dan persetujuan Dirjen KSDAE Nomor S.982/KSDAE/KK/KSA.1/11/2020 tanggal 17 November 2020.
Acara dihadiri oleh Kepala BBTN Gunung Leuser, pejabat dan staf BBTN Gunung Leuser, Yayasan PETAI, Bapak Darmo selaku tokoh masyarakat dan Anggota DPRD Kabupaten Langkat serta Ketua dan perwakilan 3 (tiga) KTHK di Kec. Besitang dan Kec. Sei Lepan.

Dalam sambutannya, Kepala BBTN Gunung Leuser, Jefry Susyafrianto mengatakan bahwa program kemitraan konservasi ini bertujuan untuk menyelesaikan konflik tenurial kawasan hutan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Jefry berpesan masyarakat dan petugas agar dapat bergandeng tangan dalam melindungi dan melestarikan kawasan TNGL.

Selain penandatanganan perjanjian kerjasama, dalam kesempatan tersebut juga turut ditandatangani Rencana Pelaksanaan Program (RPP) tahun 2021-2025 dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) tahun 2021.

“Terima kasih Saya ucapkan kepada Pak Jefry selaku Kepala Balai Besar TNGL atas terlaksananya kerjasama ini” ujar Darmo, tokoh masyarakat dan salah satu anggota DPRD Kabupaten Langkat. “Kepada pengurus kelompok saya minta mengedepankan kepentingan bersama agar program kemitraan ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan pemerintah” lanjutnya.

Dengan demikian sampai saat ini, jumlah KTHK lingkup provinsi Sumatera Utara yang telah menjalin kerjasama kemitraan konservasi dengan BBTN Gunung Leuser adalah 15 KTHK.

[Teks & foto ©BBTNGL,tim PKS | 21122020]

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives