( Aceh Tenggara, Desember 2021) Balai Besar TN Gunung Leuser, Direktorat Jenderal KSDAE menggelar kegiatan ‘Bimbingan Teknis/ Sosialisasi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif di Sekitar Kawasan Konservasi’ pada Kamis (23/12). Agenda ini mengambil tempat di Lawe Gurah, Desa Ketambe, Kec.Ketambe, Kab. Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

Turut hadir pada acara ini Anggota Komisi IV DPR RI dan tenaga ahlinya, Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi (PKK) Ditjen KSDAE beserta jajarannya, perwakilan pejabat pemerintahan lingkup kabupaten Aceh Tenggara, pejabat lingkup BBTN Gunung Leuser, Kepala BKSDA Aceh, Ketua dan anggota Kelompok Tani Hutan Konservasi serta tokoh masyarakat Kec.Ketambe, Aceh Tenggara.

Acara dimulai dengan penanaman pohon di sekitar lokasi. Tak lama ucapan selamat datang disampaikan pemerintah Kab.Aceh Tenggara yang diwakili oleh Sekda Kab. Agara yang menyampaikan komitmen pemerintah daerah terkait kemitraan konservasi di TNGL.

Selanjutnya Anggota Komisi IV DPR RI, H.M. Salim Fakhry,S.E.,M.M memberikan kata sambutan dan arahan. “Dukungan DPR terkait pengelolaan TNGL dari sisi anggaran dan tanggung jawab seluruh pihak termasuk masyarakat”, ujarnya. 

Direktur PKK, Ir.Jefry Susyafrianto, M.M. memaparkan materi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif di hadapan 200 orang tamu undangan yang hadir. Menurut Jefry, bantuan usaha ekonomi produktif yg disalurkan kepada 4 KTHK adalah stimulus untuk memandirikan masyarakat sehingga tidak lagi bergantung pada hutan. 

Pada kesempatan tersebut, secara resmi diserahkan bantuan usaha ekonomi produktif kepada empat KTHK yaitu KTHK Gala Kase (Desa Simpur Jaya Kec.Ketambe); KTHK Penghijauan Kembali (desa Rambung Teldak, kec. Darul Hasanah); KTHK Langkah Lestari Alam (Desa Kuning Abadi, Kec.Darul Hasanah); dan KTHK Lestari (Desa Tanjung Lama, Kec.Darul Hasanah). Bantuan secara simbolis berupa uang tunai senilai 30 juta rupiah diserahkan oleh Komisi IV DPR RI kepada masing-masing KTHK untuk pembibitan dan pemulihan ekosistem di kawasan TNGL.

[Teks&foto ©BBTNGL, ahtu dkk|24022021]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories