Danau Laot Bangko berada di Desa Ujung Padang Kecamatan Bakongan Kabupaten Aceh Selatan.

Mayoritas masyarakat lokal disana berasal dari suku Aceh Pesisir. Bahasa sehari-hari yang digunakan adalah bahasa aneuk jame yaitu dialek lokal yang dipengaruhi oleh bahasa minang.

Wisata Laot Bangko memiliki keindahan dan daya tarik panorama alam danau yang khas dan masih alami di dukung dengan panorama alam pegunungan hutan hujan tropis yang masih asli. Wisata Danau Laot Bangko ini menjadi satu kesatuan wilayah pengembangan wisata dengan Rantau Sialang.

Kondisi jalan menuju lokasi Danau Laot Bangko sudah baik dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Tapaktuan (ibukota Kab. Aceh Selatan) dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam atau sekitar 90 km. Dan menuju kawasan Danau Laut Bangko dilanjutkan dengan berperahu menyusuri sungai selama 8 jam.

 

Belum terdapat fasilitas pendukung wisata di lokasi ini, sehingga pengunjung yang datang biasanya pulang hari atau tidak bermalam. Untuk akomodasi wisata terdapat di kota Tapaktuan.

Terdapat beberapa sungai yang bermuara ke Danau Laot Bangko dan sekaligus menjadi akses masuk menuju lokasi wisata ini.

Danau Laot Bangko masih dalam tahap pembangunan untuk dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan berupa menikmati panorama danau dan hutan perawan, mengamati atraksi satwa dan berpetualang di alam bebas.

photo ©efa wahyuni, arif |bbtngl