Tapaktuan | Seekor harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dilaporkan memangsa ternak warga asal Gampoeng Seuneubok Keuranji, Kecamatan Kota Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh pada Jum’at (4/11/2022). Sebanyak 7 (tujuh) ekor kambing milik masyarakat setempat mati diduga dimangsa Sang Datok Belang.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, WCS – IP, Forum Konservasi Leuser (FKL) dan Koramil Bakongan saat ini sedang melakukan respon di lokasi untuk menangkap harimau dengan menggunakan kandang jebak (Box Trapping). Tim gabungan juga memasang kamera jebak guna identifikasi dan pemantauan pergerakan harimau di lapangan.

Kepala SPTN Wilayah II Kluet Utara, Teuku Irmansyah, S.Hut, mengatakan bahwa harimau sumatera ini harus ditangkap karena telah meresahkan masyarakat sekitar. “Kita coba tangkap dan selamatkan harimau ini, kita kembalikan ke habitatnya”, ujarnya.

“Dalam kegiatan penanggulangan konflik satwa liar antara manusia dengan harimau sumatera tidak ada solusi tunggal (win – win solution). Artinya sama pentingnya di mata hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan pungkasnya.

[ Teks – Foto : EfaW| BBTNGL|5112022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories