(Jakarta, Desember 2021) Balai Besar TN Gunung Leuser bersama 11 Unit Pelaksana Teknis Lingkup (UPT) Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem melakukan penandatanganan Rencana Pelaksanaan Program Periode 2021 – 2024 dengan Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP), pada Selasa (7/12).

Penandatanganan Rencana Pelaksana Program ini merupakan tindak lanjut dari telah ditandatanganinya Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara KLHK dengan WCS-IP secara sikuler oleh CEO WCS pada tanggal 13 September 2021 di New York, Amerika Serikat dan oleh Direktur Jenderal KSDAE.

Rencana Pelaksanaan Program  diteken Plt. Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser, Adhi Nurul Hadi dan Country Director Wildlife Conservation Society-Indonesia Program, Noviar Andayani yang disaksikan oleh Direktur Jenderal KSDAE dan Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE.

Kerja sama yang dijalin bertujuan untuk mendukung Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dalam perlindungan spesies terancam punah, perlindungan dan pengawetan keanekaragaman hayati  pada tingkat habitat, pengembangan pendekatan konservasi berbasis informasi ilmiah, penguatan tata kelola dan kerbijakan konservasi serta pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan TN Gunung Leuser.

Dalam arahannya setelah menyaksikan penandatanganan Rencana Pelaksanaan Program antara UPT dengan WCSIP, Direktur Jenderal KSDAE Wiratno menyampaikan dalam implementasi kerja sama ini perlu adanya komitmen dan komunikasi secara kontinyu dari kedua belah pihak yang melakukan kerja sama mulai dari tingkat pusat sampai di tingkat tapak.

“Dengan demikian, ketika ada permasalahan yang timbul dapat segera diatasi dengan cepat dan tepat”, ujarnya.

Selain itu, Wiratno menegaskan perlu adanya pembuatan jurnal – jurnal internasional hasil – hasil kerja sama yang telah dilakukan sehingga dapat memberikan informasi ke dunia luar terhadap pelaksanaan kegiatan konservasi kenakeragaman hayati yang ada di Indonesia.

[teks & foto ©bbtngl|081221|yosia]

 

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories