(Bukit Lawang, November 2022) Petugas SPTN Wilayah V Bahorok mendapatkan informasi dari relawan pada Rabu (23/11) bahwa salah seorang warga menemukan satu individu Kukang di areal ladangnya. “Satwa tersebut jatuh dari pohon”, ujar warga yang mengaku menemukan satwa dilindungi ini saat beraktivitas di ladang.

Menerima laporan tersebut, petugas langsung menuju ke lokasi dan benar ditemukan adanya kukang tersebut. Setelah mempertimbangkan kondisi satwa yang sehat, petugas langsung melakukan pelepasliaran satwa tersebut.

Di Indonesia kukang sudah dilindungi sejak tahun 1973 dengan Keputusan Menteri Pertanian tanggal 14 Februari 1973 No. 66/ Kpts /Um/2/1973. Perlindungan ini dipertegas lagi dengan Peraturan Pemerintah(PP) Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang memasukan kukang dalam lampiran jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi. Saat ini juking pun masuk dalam daftar satwa dilindungi sebagaimana Peraturan Menteri LHK Nomor 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.

[teks&foto©sptnv, elisa|231122]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories