Tapaktuan | Rapat evaluasi bulanan tim Smart Patrol WCS – IP bersama BPTN Wilayah I Tapaktuan, pada Senin (21/11) memunculkan data kerusakan hutan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Kerusakan ini terjadi di beberapa titik diantaranya di wilayah kerja Resor Kluet Selatan dan Resor Bakongan, SPTN Wilayah II Kluet Utara, BPTN Wilayah I Tapaktuan.

Indikasi bukaan lahan ini awalnya terpantau melalui aplikasi Global Forest Watch (GFW), terjadi di wilayah administrasi Desa Durian Kawan, Kec. Kluet Timur dan Desa Seuneubok Keuranji, Kec. Kota Bahagia, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.

Setelah mendapatkan informasi, petugas TN. Gunung Leuser yang tergabung dalam Tim Smart Patrol WCS – IP ini melakukan ground check atau pengecekan langsung ke lapangan. Hasil yang diperoleh ternyata benar adanya aktivitas pembukaan lahan oleh masyarakat sekitar. Belum diketahui siapa pelaku dan pemilik lahan tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Resor Kluet Selatan, Sahat Alfredo Sihombing, S.Hut dan Kepala Resor Bakongan, Achmad Yaskur, S.H.

Plh. Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Teuku Irmansyah, S.Hut, mengatakan bahwa “Melihat kondisi yang terjadi saat ini di lapangan, maka perlu secepatnya ditindaklanjuti dan dukungan para mitra sangat diharapkan”.

“Langkah yang kita ambil tentunya dengan melakukan pendekatan secara kekeluargaan dan melalui musyawarah. Sebelum penindakan hukum dilakukan” pungkasnya.

[Teks&Foto ©Efa Wahyuni|bbtngl|221122]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories