Sebanyak 25 siswa sekolah dasar (SD) belajar mengenai hutan dan lingkungan di Resor Bekancan, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Selasa (27/9). Siswa ini berasal dari SD Negeri Bekancan dan SD Negeri Pamah Simelir yang berada di Desa Telagah Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat. Bertempat di kantor Resor Bekancan, SPTN Wilayah V Bohorok, BPTN Wilayah III Stabat, seluruh siswa mendapat pengetahuan terkait hutan khususnya Taman Nasional Gunung Leuser. Pada kesempatan tersebut para Petugas Resor menyampaikan arti penting keberadaan TN Gunung Leuser sebagai sistem penyangga kehidupan bagi masyarakat sekitar, pentingnya melindungi satwa liar serta manfaat dari keberadaan kawasan bagi ekowisata yang sedang berkembang saat ini di Bekancan.

Acara yang bertajuk School Visit Leuser : Forest For Children ini awalnya digagas dari hasil diskusi Kepala Resor Bekancan, Pengelola Jendela Bambu Leuser dan beberapa komunitas lokal peduli lingkungan. Dari kegiatan ini diharapkan anak-anak lebih dini mengenali hutan dan manfaatnya. Dengan demikian dari kecil sudah memiliki rasa peduli terhadap hutan kita. Bahkan saat diskusi berlangsung beberapa anak tidak mengetahui kalau ada taman nasional di desa mereka. Acara kunjungan sekolah ini juga didukung oleh Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS – IP) , Jendela Bambu Leuser (JBL) dan Ikatan Masyarakat Peduli Alam dan Lingkungan (IMPAL).

 

Kerjasama antara pemerintah, komunitas, organisasi non pemerintah (NGO) dan lembaga pendidikan diharapkan dapat menjadi anak panah untuk menumbuhkan kepedulian terhadap keberlanjutan hutan di masa mendatang. “Melalui School Visit Leuser ini diharapkan, anak-anak SD mengenal hutan dan lingkungan lebih dekat, sehingga diharapkan ke depannya generasi tersebut menjadi kader-kader konservasi yang berada pada garda terdepan dalam melindungi hutan Indonesia” Ujar Jhon Maruli Purba selaku Kepala Resor Bekancan di sela-sela kegiatan.

Usai mendapat pengetahuan di Kantor Resor Bekancan, acara ditutup dengan kunjungan wisata ke hutan bambu yang berada di Jendela Bambu Leuser, lokasi wisata yang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.
[Teks & foto © bbtngl, Salmen| 27092022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories