(Medan, 20 September 2022) Balai Besar Taman Nasional (BBTN) Gunung Leuser bersama Wildlife Conservation Society- Indonesia Program (WCS-IP) menggelar kegiatan pelatihan analisis tutupan lahan di kantor BBTN Gunung Leuser, Medan.

Acara berlangsung sejak kemarin (19/9) hingga Jumat (23/9). Pelatihan ini diikuti sebanyak 10 orang peserta terdiri dari staf Bidang Teknis Konservasi, BPTN I Tapaktuan, BPTN II Kutacane dan BPTN III stabat.

Pelatihan ini  dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar TN Gunung Leuser. Dr.U.Mamat Rahmat, S.Hut, M.P berpesan ” Momen pelatihan seperti ini sangat penting untuk dilakukan karena pengelolaan kawasan konservasi harus berbasis spasial. Basis spasial yang bagus akan menghasilkan data dan informasi yang akurat sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan. Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh staf BBTNGL yang mengikuti pelatihan ini agar semangat dan serius dalam menyerap ilmu dan pengetahuan terkait hal ini dari para narasumber sehingga kita kedepannya dapat melakukan  penyajian data spasial yang lebih baik”.

Narasumber merupakan staf WCS-IP Bogor yang handal dalam analisis tutupan lahan. Ahtu Trihangga, tim perpetaan BBTNGL mengaku metode yang sekarang dipelajari lebih enak dibanding yang biasa dilakukan. “Biasanya lebih ribet harus download tiap scene dll, kali ini lebih praktis, asik”, ujarnya.

Fransio Maleakhi peserta dari BPTN Wilayah II Kutacane merasa pelatihan yang dilaksanakan 5 hari kedepan ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di wilayah kerja kami masing-masing.

[Teks & foto©bbtngl, Tim Medsos, Ikhsan| 20092022]

Category
Tags

Comments are closed

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives
Categories