WAKTU

Tanggal 12-15 Maret 2020

Jam 10.00 – 21.00 WIB

LOKASI

Exhibition Hall A-B

Balai Sidang Jakarta Convention

Jl. Gatot Subroto – Jakarta

Booth Number #A34-35 / A40-41

AKTIVITAS PAMERAN

  1. Totebag & Face Painting

Merupakan salah satu metode pengenalan satwa kunci TN Gunung Leuser yang mengasyikan. Pengunjung dapat melukis wajahnya sendiri atau tote bag yang telah disiapkan dengan karakter satwa TN Gunung Leuser seperti harimau, gajah, rangkong, penyu, dll. Dilakukan oleh artist professional dengan cat yang aman untuk kulit.

  1. Virtual Reality (VR)

Realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya yang ditampilkan berupa kehadiran badak sumatera di kawasan TN Gunung Leuser.

  1. Mengenal Camera Trap dan Rangkong

Salah satu metode untuk merekam kemudian mengetahui populasi satwa di suatu lokasi adalah dengan menggunakan kamera jebak (camera trap) yaitu kamera jarak jauh diaktifkan yang dilengkapi dengan sensor gerak atau sensor inframerah, atau menggunakan sinar sebagai pemicu. Hal ini dikenalkan kepada pengunjung dengan peragaan dan praktek sehingga hasilnya dapat dilihat dan diamati.

  1. Games

Kahoot adalah permainan berbasis online dengan platform pembelajaran gratis. Pengunjung secara beramai-ramai dalam waktu tertentu diajak untuk menjawab pertanyaan yang telah disajikan. Pertanyaan berupa informasi seputar TN Gunung Leuser. Alat yang dipakai adalah smartphone dan koneksi internet. Peserta yang menjawab dengan benar dan cepat akan menjadi pemenangnya.

  1. Kuis

Pengunjung menjawab langsung pertanyaan yang dipandu interpreter di booth TN Gunung Leuser (on the spot) maupun online yaitu dengan menjawab pertanyaan berikut sesuai ketentuan.

PERTANYAAN :

  1. Sungai yang melewati kawasan TN Gunung Leuser
  2. Kawasan TN Gunung Leuser berada di provinsi Sumut dan ….
  3. …. Sumatera, satu dari 4 spesies kunci TN Gunung Leuser
  4. Cagar….. salah satu status internasional yang disandang TN Gunung Leuser
  5. Stasiun Penelitian di TN Gunung Leuser wilayah Aceh Tenggara
  6. Dicerorhinos ……, nama latin badak sumatera

Ketentuan silahkan baca pada akun Instagram dan Facebook TN Gunung Leuser