Tapaktuan | Masyarakat Gampoeng Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan menggelar acara kanduri huteun pada Kamis (8/4/2021) pagi. Kegiatan kanduri huteun merupakan tradisi tahunan masyarakat di desa dampingan TN Gunung Leuser. 

“Memohon kepada ALLAH SWT, agar masyarakat sekitar hutan terhindar dari mara bahaya (bala) dan diberikan kelamatan serta kesejahteraan terhadap alam semesta”, jelas Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Agung Widodo.

Agung menyambut baik dan menyampaikan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Gampoeng Pasie Lembang yang telah berkenan mengundang petugas TN Gunung Leuser untuk hadir dalam acara tradisi budaya lokal tersebut.

“Kanduri huteun, kanduri laoet dan kanduri blang adalah bagian daripada kearipan lokal masyarakat Aceh. Resam atau kebiasaan sosial masyarakat ini akan terus kami pelihara dan pertahankan kelestariannya secara turun temurun. Tradisi budaya ini dirintis dan dilahirkan endatu (nenek moyang) sejak dulu hingga sekarang”, jelas Geuchik Gampong Pasie Lembang, Darkasi.

Geuchik juga menghimbau untuk tidak keluar masuk hutan selama 3 hari kedepan. Jika ada yang melanggar himbauan atau ketentuan yang ada, maka pelaku dikenakan sanksi sesuai butir yang terkandung di dalam Qanun (peraturan) Gampoeng masyarakat adat dan hukum setempat.

Kanduri Huteun ini dirangkai dengan berbagai kegiatan berupa seremonial dan ditutup dengan doa. Selain geuchik, agenda ini dihadiri juga Tuha Peut, Imum Chik, Pawang Huteun, Ketua Pemuda dan perangkat adat serta petugas TN Gunung Leuser.

Semoga silaturahim ini dapat terus terjalin dengan baik antara petugas dan masyarakat sekitar kawasan TN. Gunung Leuser. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan keberkahan kepada kita dan alam raya.

⌈Teks & Foto ©bbtngl, Efa Wahyuni |09042021⌋.

Category
Tags

Comments are closed

Selamat Datang

Masukkan alamat email:



Artikel Terkini

Berita Terkini

Locations of Site Visitors
Archives