(Medan, Januari 2020) Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera, Seksi Wilayah I menetapkan IG (38) sebagai tersangka kasus perdagangan orangutan pada Jumat (31/1).

IG merupakan pemilik 2 ekor orangutan yang melarikan diri saat penggerebekan pada Jumat (10/1/2020) di rumahnya yang beralamat di Dusun Kwala Nibung, Desa Pula Rambung, Kecamatan Bohorok, Langkat, Sumatera Utara. Setelah pemanggilan 2 kali, akhirnya IG dijemput di Stabat untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan.

Penetapan tersangka ini didasarkan atas terpenuhinya bukti-bukti keterlibatan IG dalam kejahatan satwa liar. Pemberian informasi bukti tersebut dilaksanakan atas kerjasama Ditjen KSDAE (BBTNGL dan Direktorat KKH) dan Baintelkam Mabes POLRI.

Keberhasilan membongkar jaringan kejahatan satwa liar ini merupakan upaya kerjasama antara petugas Seksi wilayah I Sumatera dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser yang secara terus menerus memantau dan mencari keberadaan IG. Setelah dilakukan penetapan tersangka, selanjutnya penyidik berkoordinasi ke Polda Sumatera Utara.

Tersangka dikenakan Pasal 21 ayat (2) huruf a Jo Pasal 40 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Jo. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Jo. Peraturan Pemerintah Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20 /MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan denda Rp 100 juta.

Kepala Balai Besar TN Gn Leuser, Jefry Susyafrianto mengapresiasi kerja sama yang dilakukan oleh Seksi Wilayah I Sumatera dengan Balai Besar TN Gunung Leuser dalam memberantas perdagangan satwa yang dilindungi. Harapannya, ke depan sinergisitas ini dapat terus ditingkatkan.

Penanganan perkara ini juga menjadi perhatian dan pantauan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati, Ditjen KSDAE serta Baintelkam POLRI untuk memastikan efektivitas dan kelancaran proses penyidikan, sehingga dapat memberikan dampak efek jera untuk pelaku peredaran satwa ilegal lainnya.

Category
Tags

Comments are closed

Locations of Site Visitors
Archives